Jadwal Dan Manfaat Imunisasi Pada Anak

Daftar imunisasi anak - Sebagai orang tua tahukah anda imunisasi wajib untuk bayi yang harus diberikan ? Guna mendapatkan anak yang sehat di masa mendatang, sebagai orang tua kita perlu memberikan segala hal yang terbaik salah satunya memberikan imunisasi pada bayi sesuai jadwal yang sudah di tentukan. Dengan mengetahui jadwal imunisasi wajib untuk anak kita diharapkan bayi kita memperoleh kekebalan tambahan pada dirinya dari berbagai penyakit yang ada. Untuk itu sebagai orang tua yang bijak setidaknya kita memberikan imunisasi yang sudah ada dalam daftar imunisasi wajib dari pemerintah terlebih lai jika kita menambahkan imunisasi tambahan yang sering ditawarkan oleh dokter sekarang ini.

Secara harfiahnya setiap bayi yang baru lahir di dunia ini sudah memperoleh kekebalan atau perlindungan secara alami dari ibu bayi tersebut. Terkadang bayi akan tetap kebal dari serangan penyakit tertentu karena ibu bayi mempunyai daya imun terhadap penyakit tersebut akan tetapi tidak pada penyakit yang lain, itu disebabkan karena kekebalan pada bayi yang baru lahir bersifat sementara. Lalu apakah manfaat bayi diberikan imunisasi sesuai dengan anjuran imunisasi dasar yang sudah ditentukan oleh idai ? Antibodi pada bayi yang baru lahir tidak akan bertahan lama, sehingga penyakit dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh bayi oleh karena itu fungsi imunisasi untuk meneruskan kekebalan alami kepada bayi yang telah di berikan oleh ibunya.

Memberikan imunisasi atau vaksin pada bayi terdapat dua cara yaitu dengan cara menyuntikkannya atau meneteskan ke dalam tubuh bayi. Setiap imunisasi pun juga sudah terdapat jadwal diberikannya kepada bayi jadi tidak dapat kita memilih imunisasi yang diberikan sesuai keinginan kita. Sebagai pedoman agar kita tidak melewatkan waktu anak kita mendapat vaksinasi, kali ini kita akan mencoba memberikan daftar imunisasi anak lengkap dengan jadwal diberikannya. Untuk itu keep reading artikel kami ini agar anda dapat mengetahui jadwal imunisasi dan macam - macam jenis imunisasi pada bayi secara lengkap dibawah ini.

Jadwal Dan Manfaat Imunisasi Pada Anak


daftar imunisasi anak wajib



Macam - macam imunisasi bayi dan cara pemberiannya :


1. BCG (Bbacille Calmette-Guerin)

  • Imunisasi BCG sebaiknya diberikan sedini mungkin ketika bayi sudah lahir dan diulang pada usia di bawah 2 bulan. 
  • Manfaat dari imunisasi  BCG ini adalah untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit TBC. 
  • Dan apabila vaksin BCG akan diberikan sesudah umur 3 bulan, maka perlu dilakukan uji tuberkulin.

2. Hepatitis B

  • Vaksin Hepatitis B diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir. Suntikan II, 1 bulan setelah suntikan pertama. Kemudian suntikan III diberikan pada 5 bulan setelah suntikan kedua. Dan perlu diberikan suntikan ulangan kurang lebih 5 tahun setelah suntikan III.
  • Manfaat dari imunisasi hepatitis b adalah untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit Hepatitis B. Penyakit kegagalan fungsi hati ini juga menyeramkan karena bisa menyebabkan kematian.

3. DPT (Diphteria, Pertusis, Tetanus)

  • Imunisasi DPT memberikan manfaat untuk memberi perlindungan terhadap penyakit dipteri, pertusis / batuk rejan / batuk 100 hari, dan juga tetanus.
  • Vaksin DTP diberikan pada umur > 6 minggu. Dapat diberikan vaksin DTwP atau DTaP atau kombinasi dengan Hepatitis B atau Hib. Ulangan DTP umur 18 bulan dan 5 tahun.
  • Dan perlu untuk anda ketahui biasanya bayi menjadi demam setelah imunisasi DPT ini, namun untuk mengatasi bayi demam setelah imunisasi DPT ini seringkali dokter akan memberikan obat penurun panas.

4. Polio

  • Manfaatnya untuk memberi perlindungan terhadap penyakit Polio. 
  • Vaksin Polio diberikan pada kunjungan pertama. Bayi yang lahir di RB/RS diberikan vaksin OPV saat bayi dipulangkan untuk menghindari transmisi virus vaksin kepada bayi lain. Selanjutnya, untuk polio-1, polio-2, polio-3 dapat diberikan vaksin OPV atau IPV.
daftar imunisasi anak

5. HIB (Haemophilus Influenzae Type B)

  • Manfaat dari imunisasi HIB itu sendiri berguna untuk mencegah penyakit radang selaput otak (meningitis), radang paru (pneumonia) yang disebabkan oleh kuman Hemofilus Influenza tipe B.
  • Imunisasi ini diberikan 3x berturut-turut dan biasanya barengan sama imunisasi DPT.
  • Berdasarkan informasi dari bidan puskesmas di deket rumah mertua, imunisasi HIB ini sudah menjadi imunisasi wajib di tahun 2011. Jadi anak-anak yang lahir 2011 ke depan, wajib diberikan imunisasi HIB. Lagipula imunisasi ini udah combo sama DPT, jadi jarang lupanya.

6. Campak

  • Manfaatnya memberikan perlindungan terhadap penyakit Campak atau Gabag. 
  • Jadwal untuk diberikan imunisasi campak adalah ketika di usia 9 bulan. Dan tidak perlu diulang jika di usia 15 bulan anak diberi imunisasi MMR.
  • Dan berikut ini merupakan imunisasi tambahan guna melindungi bayi kita dari berbagi virus - virus yang ada di negara  kita indonesia sekarang ini

baca juga :
  1. Review Kelebihan Dan Kekurangan Hp Android Xiaomi Redmi 3s
  2. Cara Menumbuhkan Rambut Bayi Secara Alami Agar Rambut Lebih Lebat

7. MMR (Measles, Mumps, Rubela)
  • Manfaat imunisasi MMR ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit Campak, Gondong, dan Rubella (campak jerman).
  • Vaksin MMR dapat diberikan pada umur 12 bulan, apabila belum mendapat vaksin campak umur 9 bulan. Selanjutnya MMR ulangan diberikan pada umur 5-7 tahun.

8. Hepatitis A

  • Manfaat dari imunisasi hepatitis A adalah untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit Hepatitis A atau radang hati (penyakit kuning). 
  • Diberikan mulai usia 2 tahun atau saat sedang ada wabah, dan tidak perlu diulang.

9. Varisela

  • Manfaat dari imunisasi varisela supaya untuk mencegah penyakit cacar air. 
  • Vaksin Varisela dapat diberikan setelah umur 12 bulan, terbaik pada umur sebelum masuk sekolah dasar. Bila diberikan pada umur > 12 tahun, perlu 2 dosis dengan interval minimal 4  minggu.

10. Tifoid

  • Manfaat pada imunisasi tifoid adalah memberikan perlindungan terhadap penyakit demam tifus. 
  • Dan diberikan mulai usia 2 tahun atau saat anak sudah mulai jajan.

11. IPD (Imunisasi Invasive Pneumococal Disease)

  • Banyak yang mengatakan bahwa imunisasi ini sama dengan imunisasi PCV. Akan tetapi manfaat IPD dan PCV sama, yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap infeksi selaput otak, selaput paru, radang telinga, dan infeksi darah oleh Pneumococus. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jadwal dan jenis - jenis imunisasi pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

0 Response to "Jadwal Dan Manfaat Imunisasi Pada Anak"

Post a comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel