Tips Membeli Laptop Bekas Yang Bagus Dan Berkualitas

Tips membeli laptop - Bagaimana tips membeli laptop bekas agar bisa mendapatkan laptop yang berkualitas dan awet untuk kedepannya ? Penting untuk kita ketahui tips membeli laptop second dan standar pengecekkannya jika kita sedang cari laptop dalam kondisi bekas. Memang laptop bekas menjadi salah satu alternatif apabila kita menginginkan sebuah laptop murah dengan spek tinggi. Namun karena tidak mengerti cara memilih laptop bekas yang baik justru malah membuat kita tertipu dengan iming - iming laptop berkualitas yang cocok untuk bermain game.

Hal ini sama seperti kejadian teman kami ketika membeli laptop second beberapa hari yang lalu. Tidak adanya pengetahuan akan cara memilih laptop yang bagus menjadikan laptop bekas yang dia beli mengalami berbagai macam kerusakan setelah beberapa hari kemudian. Lantas apa saja yang perlu dicek saat membeli laptop bekas yang notabene mempunyai harga murah ? Memang harga laptop second lebih murah jika dibandingkan dengan yang baru, akan tetapi buat apa harga laptop yang murah jika tidak memiliki kualitas yang baik.

Oleh karena itu berdasarkan pengalaman teman kami tersebut, melalui blog Niezom kali ini kami akan mencoba memberikan tips dalam memilih laptop dalam kondisi bekas atau second. Kita memang tidak boleh memandang sebelah mata kondisi laptop yang bekas tersebut, sebab jika bisa mencari laptop bekas dengan kondisi yang bagus akan membuat laptop second yang kita beli tersebut bakal awet. Selain itu laptop bekas juga dapat menjadi salah satu rekomendasi laptop yang bagus untuk mahasiswa. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengecek laptop bekas sebelum membeli laptop tersebut dibawah ini.

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Bagus Dan Berkualitas

tips membeli laptop bekas

Agar tidak tertipu saat membeli laptop second maka dibutuhkan sebuah kejelian dan mengetahui cara memeriksa kondisi laptop tersebut. Untuk itu mari kita simak langkah - langkah sebelum membeli laptop bekas, sebagai berikut :

Cara memilih laptop bekas dan pengecekannya


1. Hindari Membeli Laptop Bekas Secara Online

Tips dalam membeli laptop bekas yang pertama adalah dengan mencoba untuk menghindari pembelian laptop seken tersebut secara online. Mungkin jika kita membeli laptop dalam kondisi baru tidak akan menjadi sebuah masalah namun apabila laptop tersebut tidak baru alias bekas, sebisa mungkin jangan beli secara online. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa mengeceknya secara langsung bagaimana kondisi laptop itu sendiri jika kita membeli secara online.

Namun apabila kita tetap ingin memilih laptop bekas tersebut melalui online, maka ikuti tips membeli laptop bekas secara online di bawah ini :
  • Jika kita ingin mencari laptop bekas secara online, cari saja di grup facebook atau di situs jual beli online seperti olx. 
  • Carilah laptop dengan kondisi barang yang dijual adalah di area kota kita berada.
  • Sehingga kita dapat memeriksanya secara langsung barangnya. 
  • Maksudnya cek apakah barangnya ada atau tidak, kualitasnya bagaimana, dan lain-lain.

2. Cari Laptop Dengan Umur Pakai di Bawah 1 Tahun

  • Apabila kita menginginkan laptop yang awet dan tidak ada kemungkinan pernah mengalami kerusakan tertentu di bagian tertentu maka cari laptop dengan kondisi umur pakai di bawah 1 tahun, meskipun laptop bekas dengan umur pakai yang melebihi 1 tahun lebih murah. Selain itu keuntungan dari membeli laptop bekas yang belum ada 1 tahun adalah masih dilindunginya garansi dan laptop bekas tersebut masih cukup terjamin dalam hal kualitas.

Tips Smartphone : Cara Mengirim Lokasi Saya Melalui Whatsapp Hp Android

3.  Periksa Kelengkapannya



Cara selanjutnya untuk memilih laptop bekas yang baik adalah dengan memastikan kelengkapan yang ada pada laptop bekas tersebut. Hal ini dikarenakan semakin lengkap perlengkapan yang ada pada laptop second tersebut akan menandakan semakin baik pula nilai laptop bekas tersebut. Selain itu, yang lebih penting adalah pastikan jika laptop bekas yang akan kita beli memiliki dos dan nota pembelian. Hal ini bertujuan sebagai bukti bahwa laptop tersebut 90% bukan laptop curian.

Note :
  • Khusus untuk dos, pastikan SN atau serial number yang ada di dosnya sama dengan yang ada di bagian bawah laptopnya. Ini untuk membuktikan bahwa dos tersebut memang benar milik laptop yang dijual.
  • Dengan banyaknya kelengkapan yang dibawa laptop yang akan kita beli tersebut, nantinya itu juga menjadi nilai plus apabila kita ingin menjualnya kembali. Selain harganya bisa bagus, tentunya akan mudah dijual karena kepercayaan calon pembeli yang tinggi.

4.  Cek Garansi

  • Kita patut memberikan nilai lebih pada laptop yang masih memiliki masa garansi baik itu garansi toko maupun garansi distributor. Hal ini akan menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi kita untuk mengantisipasi jika laptop yang kita beli tersebut mengalami suatu kerusakan di kemudian hari.

5. Pastikan Baterai dan Charger Dalam Kondisi Baik

Salah satu ciri - ciri laptop bekas yang kurang baik adalah dapat menimbulkan efek samping pada baterai yaitu menurunnya kemampuan menyimpan daya dari baterai itu sendiri. Oleh karena itu hal yang perlu untuk kita perhatikan dalam memilih laptop bekas adalah baterai dan charger dalam kondisi baik.

Untuk mengecek kondisi baterai dalam keadaan baik, kita bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  • Lihat indikator baterai terlebih dahulu pada level berapa, kemudian coba kita gunakan laptop untuk membuka banyak aplikasi yang cukup berat sekitar 5 sampai 10 menit,
  • Perhatikan kembali apakah baterai mengalami penurunan yang normal atau justru mengalami penurunan yang extereme. 
  • Apabila baterai mengalami penurunan yang extreme perhitungkan lagi untuk membelinya. 
  • Charger juga harus dalam kondisi baik dengan cara pastikan tidak ada kabel yang mengelupas atau charger sering hidup mati saat digunakan. 

Selain beberapa hal diatas, masih ada yang perlu perlu dicek saat membeli laptop bekas lainnya. Misalnya saja seperti :

  1. Periksa Kondisi Stiker / Segel Di Casing Laptopnya
  2. Periksa Kondisi Bodinya
  3. Periksa kondisi layarnya
  4. Periksa tombol - tombol keyboardnya
  5. Periksalah touch padnya
  6. Periksa CD/DVD Drive-nya
  7. Periksa Speaker dan port sound
  8. Periksa Hard Disknya
  9. Periksa RAMnya
  10. Hidupkan Laptop, gunakan main game

baca juga :

Demikian artikel kami kali ini yang membahas tentang cara memilih laptop bekas yang benar. Semoga setelah membaca artikel ini kita bisa membedakan mana laptop bekas dalam kondisi normal atau memiliki banyak kerusakan, sekian dan terima kasih ..

0 Response to "Tips Membeli Laptop Bekas Yang Bagus Dan Berkualitas"

Post a comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel