13 Solusi Layar Laptop Mati Padahal Mesin Hidup (No Display)

Layar laptop mati - Bagaimana cara mengatasi layar laptop mati padahal mesin sudah hidup ? Laptop hidup tapi tidak ada tampilan pada monitornya merupakan suatu masalah yang sering kali dialami oleh pengguna laptop ataupun komputer. Meskipun demikian tentu kita tetap akan merasa bingung ketika kita dihadapkan dengan masalah layar laptop yang gelap tersebut. Hal ini dikarenakan layar laptop yang tidak nyala tersebut tidak diikuti dengan hard disk, lampu indikator, dan fan yang berjalan layaknya perangkat laptop normal pada umumnya.

Memang layar LCD / LED laptop yang tidak merespon saat dihidupkan (ngeblank) memiliki banyak sekali faktor penyebab masalah tersebut. Penyebab layar laptop yang error tidak mau hidup ini dapat dikarenakan dari masalah software ataupun hardware perangkat itu sendiri. Untuk itu saat kita menjumpai masalah power laptop nyala tapi lcd mati, kita harus mencari tahu terlebih dahulu sumber permasalahannya. Dengan tujuan saat kita akan memperbaiki layar laptop yang tidak ada tampilan menu tersebut tidak terjadi salah perbaikian.

Untuk itu pada pertemuan kita kali ini, kami pemaniez komputer akan mencoba memberikan 13 cara mengatasi layar laptop yang tidak mau nyala tersebut. Dengan harapan kita terlalu panik dan tergesa - gesa membawa laptop yang kita miliki ke tukang service karena masalah laptop tidak bisa menyala tetapi lampu power hidup tersebut. Disini kami akan berikan langkah awal yang perlu untuk kita lakukan sendiri saat problem layar laptop sering mati sendiri terjadi pada diri kita. Oleh karena itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 13 cara memperbaiki laptop rusak yang power menyala namun layar tidak tampil di bawah ini.

13 Solusi Layar Laptop Mati Padahal Mesin Hidup (No Display)

cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin hidup

Kita perlu segera menemukan solusi dari masalah layar laptop tidak muncul tampilan / no display tersebut, mengingat pentingnya peranan laptop sekarang ini. Dengan adanya masalah lcd laptop tidak menyala tentu akan membuat kita tidak dapat menonton pertandingan bola secara streaming. Di bawah ini adalah beberapa penyebab layar mati (no display) tapi laptop menyala yang sering terjadi, diantaranya adalah :

Layar LCD / LED laptop mati ketika akan dinyalakan.
  • Kondisi ini sering kali terjadi karena adanya masalah pada hardware dan software, baik itu karena overheat, corrupt, korslet atau penyebab yang lain.

Layar laptop mati saat mesin masih menyala
  • Apabila kita mengalami kondisi seperti ini penyebabnya dapat dikarenakan dumb crash pada memory, crash system atau VGA bermasalah.

Kemungkinan lainnya
  • Kerusakan pada beberapa komponen seperti hard disk, memori RAM, layar LCD dan monitor. Ini tentu akan mengganggu kinerja dari laptop itu sendiri, selain itu jika kita biarkan kondisi layar laptop tidak hidup tersebut dikawatirkan dapat mempengaruhi kondisi layar laptop itu sendiri.

Cara mengatasi layar laptop mati tidak mau hidup


Jika kita menghadapi masalah layar laptop gelap tidak muncul menu ataupun gambar, maka langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Kabel Fleksibel Layar Laptop Tidak Rusak

Cara membuka atau menutup laptop yang tidak benar dapat membuat layar laptop menjadi tidak mau hidup, hal ini dikarenakan kabel fleksibel laptop yang rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu untuk memastikan kondisi kabel flesibel masih dapat berfungsi secara normal, kita dapat memasangkan laptop yang kita miliki ke monitor eksternal.

Apabila monitor bisa menampilkan gambar / tulisan ketika dipasangkan dengan laptop yang kita miliki, maka terdapat kemungkinan kerusakan berasal dari kabel flesibel atau panel display laptop tersebut.

2. Pastikan Panel Display Berjalan Normal

Layar laptop yang ngblank dapat juga dikarenakan panel display yang rusak. Kita dapat menghubungkan laptop dengan monitor eksternal untuk memastikannya. Apabila layar eksternal dapat menampilkan gambar, dan kabel fleksibel laptop yang kita miliki dalam keadaan baik maka bisa jadi panel display tersebut sumber masalahnya.

3. Pastikan Kondisi VGA

Salah satu penyebab lain yang mengakibatkan laptop tidak dapat menampilkan gambar adalah karena kerusakan pada VGA. Jika terjadi kerusakan pada unit tersebut maka langkah untuk mengatasinya adalah dengan mengganti VGA yang baru. Namun melihat kondisi VGA yang langsung ditanamkan pada motherboard maka alangkah lebih baiknya jika ingin menggantinya harus dilakukan dengan orang yang benar - benar ahli dibidangnya.

4. Cek Kondisi Baterai

Mengecek kondisi baterai adalah langkah yang perlu untuk kita lakukan apabila saat menekan tombol power untuk menghidupkan laptop, laptop tidak menyala. Laptop yang tidak mau hidup dapat kita ketahui dengan melihat pada lampu indikator power yang tidak menyala serta tidak terdengar bunyi kipas yang berjalan.

Oleh karena itu jika kita menghadapi masalah laptop yang mati total seperti ini maka hal yang perlu untuk kita lakukan sebagai langkah pengecekan adalah dengan memasang adaptor dan menunggu beberapa saat hingga baterai terisi agar bisa menghidupkan laptop dengan normal atau dengan melepaskan baterai laptop dan langsung menggunakan adaptor sebagai sumber daya.

5. Cek Kondisi Adaptor

Melihat kondisi baterai laptop yang error di atas sehingga mengakibatkan laptop malah mati total tersebut, memastikan kondisi kabel power hingga adaptornya adalah hal yang perlu untuk kita lakukan. Apabila kabel power tidak mengeluarkan arus yang mana memang tidak ada arus dari kabel adaptor maka kita perlu mengecek arus masuk dari stop kontak. Jika stop kontak mengeluarkan arus, namun tidak ada arus dari output adaptor itu artinya rangkaian adaptor atau kabel adaptor mengalami kerusakan.

6. Cek Komponen Power

Pada dasarnya laptop yang mati total karena baterai tidak terisi tersebut dapat dikarenakan pemasangan jack adaptor yang kurang tepat. Jika socket terasa longgar, maka coba lepaskan terlebih dahulu kemudian pasang kembali jack adaptor.

7. Cek Kondisi RAM

Tidak dapat menyalanya layar laptop ternyata juga dapat disebabkan kerana RAM yang rusak. Oleh karena itu jika kondisi RAM yang rusak dan tidak bisa diperbaiki meski kita telah mencoba membersihkan pinnya maka langkah untuk mengatasinya adalah dengan mengganti RAM yang baru. Namun ada hal yang perlu kita ingat yaitu meskipun terdapat dua slot, modul RAM yang rusak harus tetap kita lepas.

8. Laptop Terlalu Panas

Jika kita sebelumnya sudah menggunakan laptop namun tiba - tiba laptop malah mati sendiri dan setelah dihidupkan kembali malah layar masih mati tidak mau nyala maka terdapat kemungkinan laptop yang kita miliki mengalami overheating. Oleh karena itu kita perlu untuk mendiamkannya beberapa saat agar laptop tersebut dapat terasa lebih dingin dari sebelumnya.

Selain menunggu agar laptop tidak panas tersebut, kita perlu untuk membersihkan debu yang menempel pada komponen di dalam laptop terutama kipas.

9. Kosongkan Arus

Jika kita mengalami kejadian dimana laptop mati secara mendadak dan saat dihidupkan layar menjadi error karena program pada laptop yang tidak dimatikan dengan baik maka kita perlu untuk mengosongkan arus terlebih dahulu. Perlu untuk kita ketahui bahwa mengosongkan arus bertujuan untuk menjalankan semua program dari awal. Untuk mengosongkan arus tersebut kita perlu melepas adaptor dan baterai laptop lalu tekan tombol power laptop yang kita miliki selama beberapa detik.

10. Bersihkan Virus

Virus yang menyerang sistem laptop yang kita miliki dapat mengakibatkan rusaknya file program komputer termasuk corruptnya system registery windows, sehingga laptop tidak bisa menyala dengan baik. Maka dari itu kita perlu mewaspadai jika saat booting layar masih bisa menampilkan tulisan, akan tetapi ketika akan mulai masuk windows layar langsung blank maka terdapat kemungkinan OS laptop ,mengalami masalah yang sering kali disebabkan oleh virus.

artikel menarik lainnya :

11. Restore / Repair Windows

Apabila windows mengalami kerusakan/ corrupt biasanya kita akan mengalami masalah ketika akan masuk ke dalam sistem operasi  Windows, yang akan di tandai dengan layar laptop blank hitam. Oleh karena itu untuk mengembalikannya seperti semula kita perlu untuk melakukan install ulang windows tersebut.

12. Copot Tambahan Hardware

Salah satu penyebab lain layar laptop mati padahal mesin hidup adalah karena tambahan hardware yang tidak didukung oleh sistem pada laptop yang kita miliki. Untuk itu kita perlu melepasnya terlebih dahulu untuk memastikan kerusakan layar laptop yang kita miliki berasal dari tambahan hardware yang kita lepas tersebut.

13. Update Driver VGA

Selain tambahan hardware yang tidak didukung oleh laptop yang kita miliki tersebut, ternyata driver VGA yang tidak update tidak akan mendukung hardware serta software keluaran baru. Jadi jika VGA laptop kita sudah terlalu tua dan dipasang software keluaran baru maka terdapat kemungkinan akan terjadinya crash karena tidak sesuai dan layar laptop menjadi gelap.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi layar laptop mati tidak ada tampilan tersebut. Semooga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Baca Juga : Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang Dalam Keadaan Mati
Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel