9 Solusi Laptop Lemot Sering Tidak Merespon

Laptop not responding - Bagaimana cara mengatasi laptop lemot dan sering tidak merespon ? "Not responding" merupakan suatu notifikasi yang sering kali muncul ketika laptop mulai tidak merespon dan menjadi lelet saat digunakan baik itu browsing internet ataupun streaming video. Kinerja laptop yang melambat ini tentu tidak hanya kita jumpai pada laptop dengan sistem operasi windows 7 saja namun loading laptop lambat juga kerap muncul di windows 8 ataupun windows 10. Maka dari itu pada pertemuan ini kami akan mencoba memberikan beberapa penyebab serta 9 cara mengatasi agar laptop tidak lemot dengan mudah.

Perlu untuk kita ketahui bahwa kenerja laptop yang mulai lemot / melambat sering kali ditandai dengan kondisi laptop yang cepat panas. Dan apabila laptop yang kita miliki mulai panas akan diikuti dengan penggunaan daya baterai laptop yang cepat habis karena loading laptop yang selalu muter - muter saat akan digunakan. Lantas apa sebenarnya yang menjadi faktor utama penyebab laptop / komputer hang macet not responding tersebut ? Apapun itu penyebabnya tentu kita harus segera mengatasi masalah laptop yang tidak merespon tersebut jika kita menginginkan kondisi kinerja laptop yang tidak lelet.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Pemaniez Komputer akan mencoba memberikan 9 penyebab laptop not responding yang sangat sering terjadi. Dan 9 faktor yang membuat kinerja laptop menjadi lelet ini juga merupakan masalah yang ada pada windows 7 , windows 8, ataupun windows 10. Jadi harapan kami dengan menggunakan 9 solusi baterai laptop cepat habis karena lemotnya kinerja laptop, kita dapat melakukan aktivitas tanpa gangguan saat browsing dan juga bermain game. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai 9 cara mengatasi laptop lemot saat internetan di bawah ini.

9 Solusi Laptop Lemot Sering Tidak Merespon

9 Cara mengatasi laptop lemot sering tidak merespon

Untuk mengatasi masalah laptop yang lemot karena sering tidak merespon ini, hal pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mencari tahu penyebab laptop sering not responding tersebut. Dengan begitu kita akan menjadi lebih mudah untuk mencari tahu kenapa laptop yang kita miliki sangat sering terjadi hang macet not responding tersebut. Maka dari itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai penyebab dan solusi laptop lemot dan sering not responding terus tersebut selengkapnya di bawah ini.

Cara memperbaiki loading laptop yang lambat


1. Kapasitas RAM Kecil

Random Acces Memory atau yang sering kita kenal dengan sebutan RAM ini merupakan sebuah memori yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara pada laptop ataupun komputer pada saat suatu program sedang berjalan.

Jadi layaknya sebuah smartphone android, RAM pada laptop ini juga mempunyai peranan untuk multitasking atau menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu sehingga semakin banyak program yang berjalan pada laptop maka akan semakin banyak pula penggunaan RAM yang dibutuhkan.

Cara mengatasinya :

  • Oleh karena itu apabila laptop yang kita miliki terasa lemot dan tidak merespon saat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi maka kapasitas RAM yang kecil dapat menjadi salah satu solusinya. Dengan menambah kapasitas RAM atau mengganti RAM lama dengan yang baru dapat menjadi salah satu alternatifnya akan tetapi tentu akan membuat penggunaan baterai laptop akan menjadi lebih cepat habis dari sebelumnya.

2. Multitasking Yang Terlalu Banyak

Seperti yang telak kita bahas sebelumnya bahwa terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu yang sama dapat mengakibatkan laptop menjadi sering tidak merespon. Hal ini dapat dikarenakan kinerja komponen utama laptop menjadi lebih berat dari pada biasanya.

Cara mengatasinya :

  • Hindari untuk membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan apabila secara spesifikasi laptop yang kita miliki masih terbilang memiliki RAM di bawah 4Gb.

3. Virus

Salah satu penyebab laptop sering tidak merespon tersebut adalah karena virus / malware di dalam laptop yang kita miliki. Hal ini dikarenakan sering kali virus tersebut akan merusak data - data penting ataupun file - file system sehinggan membuat laptop menjadi lemot dan sering ngehang.

Cara mengatasinya :

  • Pada dasarnya antivirus memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi laptop dari gangguan virus / malware. Akan tetapi tidak semua anti virus mampu untuk membentengi laptop yang kita miliki tersebut oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan antivirus terbaik.

  • Namun jika kita telah menggunakan antivirus terbaik dan tetap saja laptop yang kita miliki terserang malware di dalamnya alangkah lebih baiknya jika kita menginstall ulang windows laptop tersebut. Berikut ini akan kami berikan 3 tips agar laptop tidak cepat terserang virus, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Update antivirus secara berkala
  2. Hindari untuk mengunduh secara sembarangan dari internet
  3. Jangan colokkan sembarang FD pada laptop

4. Hindari untuk menginstall / menjalankan program yang berat

Perlu untuk kita ketahui bahwa menjalankan aplikasi berat pada laptop yang low spesifikasi tentu akan membuat laptop yang kita miliki menjadi lemot. Misalnya saja, laptop yang kita miliki mempunyai processor Intel Pentium N3540 dengan RAM 2 GB akan kita install game PES 2018 tentu hal tersebut akan sangat memaksa.

5. Banyak Program Berjalan Di Start Up

Pada dasarnya saat pertama kali laptop dihidupkan maka program - program akan secara otomatis berjalan pada start up (masuk pada dekstop windows). Maka dari itu penyebab laptop loading lama dan tidak merespon tersebut terjadi dapat dikarenakan banyaknya program yang berjalan pada start up.

Cara mengatasinya :

  • Nonaktifkan program - program yang tidak diperlukan saat berjalan di startup akan tetapi pastikan bukan malah program sistem atau driver yang akan menyebabkan laptop menjadi error / crash. Untuk mengatur program yang akan dinonaktikan (disable) pada saat start up dapat kita lakukan dengan langkah sebagai berikut :
  1. Tekan tombol windows + R, kemudian ketik "msconfig"
  2. Pada jendela "System Configuration", pilih menu Startup
  3. Untuk pengguna windows 8 dan 10, tinggal masuk ke Task Manager atau dengan cara menekan tombol "Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan", kemudian pilih tab Startup
  4. Klik kanan program yang akan kita inginkan agar tidak berjalan lagi di startup, kemudian pilih "Disable"

6. Terlalu Banyak Menginsatll Aplikasi

Penyebab laptop sering not responding selanjutnya adalah banyaknya aplikasi atau program yang terinstall di dalam laptop yang kita miliki, dimana kapasitas hard disk yang kita miliki tidak terlalu banyak memiliki ruang penyimpanan yang kosong.

Cara mengatasi laptop lemot :

1. Uninstall program yang tidak penting

  • Mengingat kapasitas memori intarnal laptop yang terlalu penuh dapat membuat laptop menjadi lemot saat digunakan maka dari itu kita perlu memilah beberapa aplikasi yang sudah tidak pernah kita gunakan. Hal ini bertujuan agar kita dapat menghapus aplikasi tersebut, di bawah ini merupakan langkah - langkah untuk memeriksa program - program yang terinstall pada laptop yang kita miliki :
  1. Masuk ke Control Panel >> Uninstall a program.
  2. Setelah itu uninstall program - program yang benar - benar sudah tidak penting atau jarang sekali digunakan dengan cara klik kanan program tersebut, kemudian pilih Uninstall

2. Ganti HDD Dengan Kapasitas Yang Lebih Besar

  • Jika laptop yang kita miliki mulai terasa berat dan sering tidak merespon karena terlalu banyaknya aplikasi yang telah terinstall maka solusi ke 2 yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengganti Hard Disk yang lebih besar. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa harga HDD tidaklah murah, saran kami daripada mengganti HDD lebih baik untuk mengganti RAM yang lebih besar supaya aktivitas multitasking dapat berjalan dengan lancar.

3. Gunakan HDD External

  • Mengingat harga harddisk yang terbilang mahal ataupun rasa takut kehilangan garansi dari laptop yang kita miliki, solusi agar laptop dapat loading dengan cepat adalah menggunakan HDD Eksternal. Dengan adanya hard disk eksternal kita dapat menyimpan file - file besar seperti film dan game tanpa harus takut kehilangan masa garansi laptop tersebut.

7. Hapus File Sementara Yang Menumpuk

File sementara atau yang sering kita kenal dengan Temporary files ini dapat mengakibatkan kinerja laptop menjadi lemot apabila terlalu banyak yang menumpuk karena tidak pernah kita bersihkan. Meskipun file - file pada recycle bin maupun cache pada aktivitas browser yang mempermudah saat kita sedang melakukan pencarian di internet ini ternyata dapat membuat laptop sering tidak merespon apabila file tersebut semakin menumpuk.

Cara mengatasinya :

  • Untuk membantu membersihkan beberapa file cache yang menumpuk tersebut biasanya kami menggunakan bantuan aplikasi yang bernama CCleaner. Lakukan cleaning secara berkala dengan tujuan supaya kinerja laptop dapat semakin optimal tanpa merasakan adanya lelet meskipun digunakan untuk aktivitas multitasking.

8. Harddisk Belum Pernah Didefrag

Defragmentasi pada harddisk bertujuan untuk menata kembali data - data yang berantakan di dalam harddisk. Hal ini perlu untuk dilakukan karena pada dasarnya data - data yang berantakan lambat laun akan menumpuk juga sehingga memicu untuk mengakibatkan laptop menjadi melambat.

Cara mengatasinya :

  • Untuk melakukan defrag hard disk, kita dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini :
  1. Masuk ke Control Panel >> Pilih System and Security
  2. Pada menu "Administrative Tool", pilih Defragment and optimize your drives
  3. Untuk melakukan defrag harddisk, klik tombol Optimize
  4. Untuk pengguna windows 8, defragment tool ini akan berjalan secara otomatis setiap minggunya. Untuk mengubahnya, klik tombol "Change Settings" kemudian pilih daily (setiap hari), weekly (setiap minggu) atau monthly (setiap bulan).

Mungkin anda tertarik :

9. Hardware Laptop Bermasalah

Penyebab laptop menjadi sering tidak merespon yang ke 9 ini dapat berasal dari masalah hardware laptop yang kita miliki. Hal yang sering terjadi ketika laptop menjadi lemot dan loading saat membuka aplikasi ataupun game terlalu lama ini biasanya berasal dari fan yang mulai kotor dan bisa jadi malah rusak.

Ciri - ciri laptop yang lemot karena masalah pada fan laptop :

  • Suara putaran fan laptop tidak seperti biasanya, biasanya suara putaran fan lebih cenderung lebih keras dan tersendat - sendat
  • Laptop menjadi cepat panas dan mulai lemot padahal baru saja digunakan
  • Laptop tiba - tiba akan mati sendiri jika kotoran fan atau masalah pada fan laptop yang kita miliki sudah mulai parah

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi laptop lemot windows 7, windows 8 ataupun windows 10. Semoga dengan adanya postingan kami kali ini, kita tidak akan mengalami masalah laptop sering not responding lagi di kemudian hari. Sekian dan terima kasih ..
Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel