7 Penyebab Laptop Mati Total Yang Sering Terjadi

Laptop mati total - Apa sajakah yang menjadi penyebab laptop mati total tidak mau hidup tersebut ? Perlu untuk kita ketahui bahwa sebenarnya laptop mati total terbagi menjadi beberapa kategori misalnya saja laptop mati total dan tidak bisa di charge, laptop mati total setelah sleep ataupun layar laptop mati tapi mesin hidup. Namun meskipun demikian pada akhirnya akan membuat laptop yang kita miliki menjadi tidak bisa hidup kembali. Yang mana akan dibutuhkan tidak sedikit biaya service laptop mati total tersebut.

Jika laptop yang rusak tidak bisa hidup hanya terjadi karena kerusakan ringan tentu kita dapat memperbaiki laptop yang mati total tersebut sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service terlebih dahulu. Akan tetapi penting bagi kita mengetahui beberapa hal yang menyebabkan layar laptop mati saat dinyalakan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita tidak salah penanganan saat akan menghidupkan laptop yang tidak mau hidup tersebut. Namun jika kerusakan laptop sudah dibutuhkan penggantian part alangkah lebih baiknya jika kita percayakan saja ke pihak yang lebih ahli dibidangnya untuk mengatasi masalah laptop mati total lampu indikator tidak menyala.

7 Penyebab Laptop Mati Total Yang Sering Terjadi

7 penyebab laptop mati total yang sering terjadi

Oleh karena itu Repair Laptop pada kesempatan kali ini akan mencoba memberikan informasi mengenai faktor - faktor yang membuat laptop tidak bisa hidup tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja kita simak secara lengkap mengenai faktor 7 penyebab laptop yang tidak merespon saat dihidupkan pada ulasan di bawah ini.

1. Baterai Laptop


Langkah pertama yang perlu untuk kita pastikan terlebih dahulu ketika layar laptop yang kita miliki mati total adalah mengecek baterai laptop. Untuk memastikannya kita dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Pertama - tama coba hubungkan laptop dengan adaptor listrik untuk memastikan penyebab laptop tidak bisa dihidupkan tersebut bukan karena baterai laptop yang telah habis.
  • Pada baterai laptop yang habis total dayanya membutuhkan beberapa waktu untuk mengisi kembali supply daya pada baterai, untuk itu biarkan adaptor terpasang dalam beberapa waktu terlebih dahulu.
  • Jika sudah lama mengisi daya laptop tetap saja tidak mau hidup maka coba untuk menghidupkan laptop yang mati total tersebut tanpa baterai laptop.
  • Apabila baterai laptop dilepas dan laptop bisa hidup dalam kondisi di cas maka dapat dipastikan bahwa kerusakan laptop berasal dari baterai atau konektor baterai.

2.  Adaptor


Jika cara diatas belum bisa mengatasi laptop yang mati mendadak dan tidak bisa dihidupkan tersebut maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan memastikan adaptor yang kita gunakan. Untuk mengecek adaptor laptop yang rusak tersebut, kita dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

Cek sumber listrik yang kita gunakan

  • Pertama - tama pastikan daya listrik mengalir melalui stop kontak / stabilizer / UPS yang kita  gunakan. 
  • Apabila pada output stabilizer / UPS tidak ditemukan adanya tegangan yang terukur, maka kemungkinan masalah terdapat pada stabilizer / UPS yang kita miliki. 
  • Oleh karena itu menghubungkan charger langsung ke sumber listrik akan dapat menjadi solusi dalam  mengatasi layar laptop yang mati total tersebut.

Cek lampu indikator

  • Jika lampu indikator tidak menyala, maka kerusakan dapat terjadi pada adaptor yang kita gunakan.
  • Maka dari itu kita perlu untuk memastikan sambungan kabel adaptor karena seringkali pemakaian adaptor yang tidak hati - hati akan mengakibatkan kabel power bermasalah (putus sambungan). 

Cek komponen adaptor

  • Apabila terdapat aliran listrik pada kabel maka periksa terlebih dahulu input dan output dari adaptor yang kita gunakan tersebut.
  • Jika tegangan pada input masuk namun tegangan pada output tidak ada, maka dapat dipastikan bahwa kerusakan terdapat pada komponen adaptor
  • Namun jika kita tidak memiliki alat ukur tegangan listrik maka langkah termudah yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan adaptor lain yang sesuai dayanya untuk menghidupkan laptop yang kita miliki.
  • Akan tetapi apabila adaptor serta kabel dalam kondisi normal maka permasalahan bisa disebabkan pada kerusakan komponen power

3. Komponen power


Apabila laptop tidak mau hidup setelah di cas padahal kondisi adaptor baik - baik saja dan lampu indikator mati maka kita perlu memeriksa socket DC pada laptop. Socket yang rusak akan mengakibatkan laptop mati total meskipun di charge lama karena baterai laptop yang tidak bisa terisi untuk itu kita perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Pertama - tama kita bisa mencoba dengan melepas dan memasangkan kembali jack adaptor untuk memastikan socket laptop yang menjadi longgar.
  • Apabila kondisi socket tidak bermasalah maka kemungkinan penyebab laptop mati total tersebut berasal dari komponen power.

artikel menarik lainnya :


4. IC Power laptop 


Pada dasarnya, IC Power laptop bekerja sama halnya dengan sakelar yakni melakukan ON dan OFF. Dan di bawah ini adalah beberapa hal yang menjadi ciri - ciri dan penyebab ic power laptop rusak, diantaranya :

  • Tegangan yang tidak stabil.
  • Kipas pendingin terhambat putarannya atau Thernal Paste yang kering akibat dari IC Power yang terlalu panas sehingga tidak dapat mendinginkan laptop. Yang pada akhirnya akibat dari overheat tersebut akan merusak komponen di Mainboard.
  • IC Power laptop yang rusak karena adanya konsleting pada komponen dalam rangkaian
  • Kontaminasi debu yang ada pada laptop yang kita miliki

5. RAM Laptop


Jika kita mengalami kejadian dimana lampu indikator hidup, kipas menyala, dan mesin tampak berjalan namun layar laptop hitam tidak ada tampilan maka besar kemungkinan kerusakan laptop berasal dari RAM laptop tersebut. Untuk mengatasi laptop mati tapi lampu indikator nyala karena kerusakan RAM laptop tersebut, kita dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Pertama - tama matikan laptop yang kita miliki tersebut.
  • Setelah itu lepaskan RAM yang ada dari laptop lalu bersihkan dengan menggunakan penghapus pensil.
  • Kemudian kita pasangkan kembali dan coba hidupkan laptop yang mati tidak ada tampilan tersebut.
  • Jika layar laptop masih saja blank hitam maka dapat dipastikan laptop yang error tersebut berasal dari RAM yang sudah rusak.

6. Processor


Prosesor laptop adalah komponen inti dari sebuah laptop ataupun komputer. Jadi dapat dipastikan apabila prosesor laptop mengalami kerusakan maka laptop tidak akan bisa dihidupkan. Untuk memastikan prosesor laptop masih dapat berfungsi dengan baik kita dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan membersihkan semua debu dari fan processor serta heatsink, serta saluran pembuangan angin pada laptop.
  • Setelah itu kita buka processor, apabila pasta processor (iso thermal) sudah tidak layak maka bersihkan pasta yang menempel dan ganti dengan pasta yang baru. 
  • Kemudian pasang kembali dengan benar dan hati - hati saat memasang, pastikan jarum pin processor cocok dengan tempatnya, jangan sampai pin menjadi bengkok apalagi potong. 
  • Jika belum ada perubahan, langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengganti yang processor lain untuk memastikannya.

7.  Mainboard


Jika dari semua langkah diatas sudah kita lakukan namun tetap saja belum memberikan hasil yang maksimal maka penyebab laptop rusak mati total tidak bisa hidup tersebut berasal dari kerusakan mainboard. Oleh karena itu langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan adalah melepas semua komponen yang berhubungan dengan mainboard laptop.

Namun apabila setelah kita melepas semua komponen tersebut laptop yang kita miliki tetap saja tidak bisa hidup maka langkah termudah yang dapat kita lakukan adalah dengan mengganri mainboard tersebut.

lihat juga :


Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan beberapa hal yang menjadi penyebab laptop tidak mau hidup tersebut. Namun jika kita kurang yakin untuk melakukan semua hal di atas maka alangkah lebih baiknya jika kita membawanya ke tempat service laptop terdekat, sekian dan terima kasih ..

0 Response to "7 Penyebab Laptop Mati Total Yang Sering Terjadi"

Post a comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel