5 Cara mematikan Laptop yang Benar


Cara mematikan Laptop yang BenarLaptop dan komputer adalah perangkat yang disertai dengan komponen yang berhubungan satu dengan lain. Tidak semua orang mengerti apa komponen yang terdapat ada di dalamnya, pada dasarnya tiap komponen secara bersamaan satu dengan yang lain. Tetapi setidaknya untuk setiap dari orang, harus mengerti dasar-dasar dari cara menggunakan laptop atau komputer. Karena jika tidak memahami dasar tersebut akan menyebabkan system eror pada windows efek paling parah adalah laptop lemot sering tidak merespon.

Dasar-dasar yang penting adalah cara menggunakan hardware dengan efektif dan setidaknya tahu apa fungsi bagian hardware yang berada di daerah luar. Pada bagian luar laptop dan komputer ada fungsi seperti  keyboard yang digunakan untuk mengertik, monitor untuk tampilan layar, fungsi tombol windows dan key number f untuk fungsi seperti menaikan dan menurunkan kecerahan layar, menaikan dan menurunkan lagu. Tetapi dari semua fungsi tersebut yang harus kalian ketahui adalah cara mematikan laptop yang tepat.

Cara Pertama

Bagi kalian yang menggunakan windows, kalian dapat mematikan laptop dengan melakukan klik pada logo windows yang berada di bar bagian ujung kiri layar, ataupun menekan tombol windows yang berada di keyboard. Kalian dapat mencari logo shut down pada laptop atau komputer, tekan pada logo tersebut, dan klik shut down.


Tunggu beberapa saat dan seharusnya windows akan mati secara otomatis setelah semua task berhasil di tutup oleh windows, maka dari itu untuk mempercepat cara mematikan laptop, kalian dapat melakukan close semua task atau windows yang ada terlebih dahulu. Hal ini penting, sebagian orang seringkali memencet tombol shutdown dan beberapa sistem operasi windows seringkali memiliki bugs sehingga window tidak close sendiri. Sehingga biasanya laptop atau komputer akan stuck pada windows yang mengirimkan pesan mengenai apakah kalian yakin mau menutup windows atau tidak. Jangan terlalu sering melakukan hal ini karena ditakutkan kedepan laptop tidak akan bisa dimatikanJika kalian tidak menghiraukannya, windows tidak akan mematikan dirinya sendiri.

Cara Kedua

Untuk cara kedua kalian dapat melakukannya dengan cara menekan tombol ALT + F4 pada keyboard bersamaan. Cara mematikan laptop ini adalah salah satu cara tercepat untuk mematikan laptop atau komputer secara instan bagi kalian yang tidak ingin repot melalui tahap-tahap yang rumit seperti cara sebelumnya.


Biasanya beberapa komputer dan laptop memiliki respon yang lambat terhadap penekanan tombol ini, kalian dapat menekan tombol alt terlebih dahulu dan tekan tombol fara ini adalah salah satu cara tercepat untuk mematikan laptop atau komputer secara instan bagi kalian yang tidak ingin repot melalui tahap-tahap yang rumit seperti cara sebelumnya. Biasanya beberapa komputer dan laptop memiliki respon yang lambat terhadap penekanan tombol ini, kalian dapat menekan tombol alt terlebih dahulu dan tekan tombol f4 kemudian.

Dengan menekan kedua tombol tersebut, nanti akan muncul message dari wndows yang menanyakan pilihan shutdown, tekan enter makan laptop akan langsung mati secara otomatis.

mungkin anda tertarik :

Cara Ketiga

cara mematikan laptop windows  yang cukup instan lainnya adalah dengan menekan tombol lainnya dalam keyboard yiatu CTRL + ALT + DEL. Setelah kalian menekan tombol tersebut, nantinya akan muncul pilihan pada bagian pojok kanan bawah, pilihlah shutdown dan nanti laptop akan mati.


Cara ini sangat efektif dan biasannya dilakukan orang-orang jika laptop atau komputer sedang hang atau macet, dimana komputer tidak merespond apa input yang kita masukan.

Cara Keempat

Bagi kalian yang masih menggunakan sistem operasi windows XP, ada cara tersendiri untuk mematikan komputer atau laptop tersebut. Yaitu untuk pertama kali tekanlah tombol windows yang ada pada keyboard, ketik U dan U, tunggulah beberapa saat nantinya windows akan melakukan shutting down secara otomatis.

Cara Kelima

Ada juga cara tersendiri untuk mematikan komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows 8. Arahkan lah cursor mouse ke pojok kanan bawah nantinya charm bar akan muncul, pilih tombol settings, pada option power. Nantinya akan ada pilihan-pilihan yang dapat kalian lakukan seperti sleep, restart, ataupun shutdown.



Bagi kalian yang ingin mematikan laptop menggunakan keyboard, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan hardware laptop, sehingga kalian tidak boleh melewatkan hal-hal tersebut. Seperti yang kami katakan sebelumnya, semua aplikasi laptop harus berada dalam keadaan close, hal ini dikarenakan saat kalian memaksa mematikan laptop tidak semua aplikasi memberikan message jika kalian mau menyimpan file yang belum di save atau tidak. Jika ini terjadi ada potensi kalian akan kehilangan data pekerjaan yang kalian lakukan sebelumnya saat kalian memaksa force shut down.

Jika kalian menggunakan koneksi internet saat menggunakan komputer atau laptop, bersihkanlah history dan cache dari aktivitas kalian. Pada tahap ini kalian tidak menghapus file-file yang ada, kalian hanya membersihkan jejak cache yang menumpuk saja. Jika ada jejak yang tidak dihapus dan terlalu menumpuk, performa laptop dapat menjadi lemot. Untuk membersihkan cache laptop, kalian dapat membersihkan cache laptop melalui registry. Fungsi registry adalah menyimpan cache dari segala aktivitas laptop.

Usahakan juga saat kalian mematikan laptop atau komputer, jika menggunakan USB atau hardisk cabutlah terlebih dahulu. Untuk melakukannya pada usb drive, lakukan eject drive file yang ada dengan klik kanan dan eject. Hal ini dilakukan karena pada beberapa kasus jika USB dan hardisk tidak dicabut dengan benar, file-file yang ada pada hard drive tersebut bisa hilang.

Sebelum mematikan laptop atau komputer, lepaskanlah CD yang ada pada DVD drive. Saat kalian menyalakan laptop kembali, performa laptop tidak akan terhambat karena harus membaca CD yang ada di DVD drive terlebih dahulu.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak pengguna laptop adalah langsung menutup laptop saat proses shutting down belum selesai. Memang hal ini dianggap sepele oleh sebagian orang, tetapi windows memiliki settingan untuk setiap laptop dimana saat laptop ditutup saat tidak dalam keadaan benar-benar mati, laptop akan berada dalam mode sleep.

lihat juga :

Para pengguna komputer atau laptop pun seringkali malas mematikan laptop atau tidak mengetahui shortcutnya dan langsung menekan tombol power. Awas terlalu sering dapat membuat laptop mati total tidak mau hidup lho, karena tombol power dipasang oleh manufaktur dengan tujuan untuk menyalakan laptop saja, maka dari itu mematikan laptop dengan tombol power harus menjadi pilihan terakhir kalian hanya jika input yang kalian lakukan tidak memberi respond. Hal ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena hardware laptop bisa mengalami kerusakan yang cukup fatal. 

Banyak para pengguna laptop yang ceroboh saat mematikan laptop, dan seringkkali lupa melepaskan barang-barang yang diletakan diatas keyboard laptop.  Maka dari itu sobat Repair Laptop, sebelum mematikan laptop, pastikan semua barang yang ada di atas motherboard sudah disimpan di tempat yang aman, jangan sammpai ada barang terselip saat laptop ingin ditutup. Hal ini dikarenakan tidak jarang orang yagn ceroboh menutup laptop secara langsung saat ada barang terselip, dan menyebabkan LCD laptop pecah.

Itulah cara mematikan laptop  yang benar dan tepat, lakukanlah cara-cara ini untuk menjaga kesehatan hardware laptop yang kalian gunakan.

0 Response to "5 Cara mematikan Laptop yang Benar"

Post a Comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel