6 Langkah Mudah Melepas Baterai Laptop Lenovo

6 Langkah Mudah Melepas Baterai Laptop Lenovo - Adakalanya kita harus mengganti atau memperbaiki komponen baterai laptop Lenovo kita. Untuk mengganti dan memperbaiki sudah tentu kita harus melepaskannya terlebih dahulu dari laptop. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara melepas baterai laptop Lenovo dengan baik dan benar. Baterai pada laptop adalah perangkat yang sangat penting. 

Baterai adalah komponen penampung sekaligus pen-supply aliran daya listrik pada laptop Anda. Pada zaman serba digital seperti sekarang ini, laptop menjadi salah satu perangkat yang hampir tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas kita sehari-hari. Perangkat satu ini seringkali kita gunakan untuk membantu menyelesaikan tugas para karyawan di kantor maupun tugas para mahasiswa atau siswa di lembaga pendidikan. Bahkan usaha mikro maupun kecil di masyarakat juga telah banyak menggunakan laptop dalam membantu kegiatannya. Jika penggunaan laptop yang sangat urgent ini tidak didukung dengan komponen baterai yang memadai tentu akan sangat mengganggu, bukan?



Setiap laptop memiliki keunikan tersendiri pada komponen baterainya. Ini artinya jika Anda memiliki laptop dengan merek Lenovo maka Anda tidak bisa mengganti komponen baterai laptop Anda dengan baterai merek lain, begitu pun sebaliknya. Karena komponen baterai terdiri dari cell-cell yang menyusunnya. Ada baterai laptop yang tersusun dari 6 (enam) cell. Ada pula baterai laptop yang tersusun dari lebih dari itu. Selanjutnya, ketika Anda hendak mengganti komponen baterai laptop Lenovo Anda, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Tidak memperhatikan hal penting ini tentu saja dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen baterai laptop Anda. 

Tips menarik lainnya :
  1. Tak Kenal Maka Tak Sayang, Yuk Kenali Bagian – bagian Laptop

Cara Melepas Baterai Laptop Lenovo


Mengisi ulang daya listrik baterai laptop dengan cara yang salah dapat mengakibatkan daya tahan baterai melemah atau mengalami kerusakan. Pemakaian laptop yang sering dilakukan juga dapat menyebabkan komponen baterai melemah atau tidak mampu menyimpan daya listrik dalam jangka waktu yang lama. Komponen baterai yang lemah atau rusak tentu membuat kita melepaskannya untuk tujuan menggantinya dengan komponen yang baru atau memperbaikinya. Biasanya komponen baterai yang sudah tidak dapat bekerja maksimal memiliki ciri fisik mengembung, dan apabila di-charge terasa panas hingga bagian terluarnya. Komponen baterai yang panas dapat memengaruhi kinerja komponen lainnya dalam laptop. Oleh karena itu, apabila Anda menemukan ciri-ciri fisik yang demikian pada baterai laptop Anda, maka direkomendasikan bagi Anda untuk segera menggantinya dengan komponen yang baru.

Pada kesempatan kali ini akan diuraikan cara melepaskan perangkat baterai pada laptop Lenovo. Ada dua jenis desain komponen baterai  pada laptop, yaitu desain baterai yang tidak menyatu dengan badan laptop dan desain baterai yang langsung menyatu atau tertanam pada badan laptop. Tipe laptop Lenovo yang menggunakan desain baterai tidak menyatu dengan badan laptop sangat mudah langkah untuk melepaskan komponen baterai dari badan laptop. Pada tipe ini Anda dapat langsung melepaskan komponen baterai tanpa harus membuka casing penutup laptop. Anda cukup menggeser dua kunci pengait sebagai pengikat antara komponen baterai dengan laptop. Setelah dua kunci pengait ini bergeser ke arah petunjuk “open” maka baterai sudah langsung dapat dilepaskan.

Berbeda halnya dengan tipe desain baterai yang tertanam pada badan laptop. Pada tipe ini Anda harus membuka penutup casing laptop terlebih dahulu, karena komponen baterai berada di bagian dalam casing laptop. Adapun langkah-langkah yang harus diperhatikan dan dijalankan untuk melepaskan baterai dengan desain tertanam pada badan laptop, yaitu:

1. Langkah Pertama
Langkah awal yang dapat dilakukan untuk melepaskan baterai adalah memastikan bahwa laptop Anda telah benar-benar dalam keadaan mati (turn off). Pastikan juga bahwa laptop Anda tidak terhubung dengan komponen plugin apapun, seperti printer, mouse, keyboard, flasdisk, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya aliran listrik dari baterai ke komponen. Selain itu, adanya perangkat plugin yang masih terhubung dengan laptop akan mengganggu Anda dan membuat Anda tidak leluasa melepaskan baterai dari laptop.

2. Langkah Kedua
Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, hal yang patut Anda lakukan adalah memastikan kembali bahwa laptop Anda benar-benar dalam keadaan mati (turn off). Hai ini dilakukan untuk menghindari adanya hubungan arus pendek pada komponen laptop. Adanya hubungan arus pendek dapat menyebabkan komponen laptop Anda mengalami kerusakan.

Selanjutnya, lihat pada bagian belakang laptop. Ada 12 (dua belas) buah baut berukuran kurang lebih 6 (enam) milimeter tertanam di sana. Lepaskan keduabelas baut tersebut menggunakan obeng dengan hati-hati. Gunakanlah obeng dengan ukuran yang tepat. Saat membuka baut, pertemukan baut dan mata obeng pada posisi yang tepat. Selanjutnya tekanlah dengan kuat pada awal hendak memutar baut. Lakukan hal yang sama pada baut-baut yang lain.

3. Langkah Ketiga
Setelah keenam baut pada penutup belakang laptop terbuka seluruhnya, langkah berikutnya adalah mengangkat dan melepaskan bagian belakang laptop Lenovo Anda dengan perlahan. Tutup belakang laptop didesain untuk dibuka dengan mudah. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan energi ekstra dan berlebihan untuk membukanya. Jangan lupa pula untuk mengumpulkan keenam baut penutup belakang laptop dalam satu wadah agar tidak tercecer atau hilang. 

4. Langkah Keempat
Langkah keempat yang perlu Anda lakukan adalah fokuskan perhatian Anda kepada komponen baterai. Pada sisi komponen baterai ada 4 (empat) buah baut berukuran kurang lebih 6 (enam) milimeter sebagai pengikat komponen baterai ke laptop. Buka keempat buah baut tersebut menggunakan obeng yang tepat agar terhindar dari kerusakan. Tekanlah obeng agak kuat ke posisi baut yang tepat, saat hendak memutar baut pertama kali. Lakukan hal demikian pada keempat baut yang ada. 

5. Langkah Kelima
Pada langkah ini, lepaskanlah komponen baterai dari laptop dengan sangat hati-hati. Jangan Anda tarik dengan kuat atau tergesa-gesa. Komponen baterai memiliki kabel konektor ke laptop. Jika Anda menarik komponen baterainya dengan kuat atau tergesa-gesa dapat saja mengakibatkan kerusakan pada kabel konektor tersebut. Terputus atau rusaknya kabel konektor antara komponen baterai dengan laptop dapat menyebabkan baterai Anda tidak dapat di-charge kembali atau tidak mampu mengalirkan daya listrik ke laptop. Jadi, Anda harus benar-benar memastikan bahwa kabel konektor ini tidak terputus atau rusak. 

6. Langkah Keenam
Langkah terakhir, setelah kabel konektor komponen baterai ke laptop dilepaskan adalah Anda sudah dapat mengangkat komponen baterai keluar dari laptop.  

mungkin anda tertarik :

Demikian enam langkah mudah melepaskan baterai tipe tanam pada laptop Lenovo. Semoga uraian tersebut di atas dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi. Sebelum Anda mengirim laptop Anda ke Service Center karena laptop Anda tidak mampu turn on, cobalah Anda lakukan langkah-langkah tersebut. Mungkin saja laptop Anda hanya membutuhkan komponen baterai baru atau hanya sekadar ada kabel konektor yang terlepas. 

0 Response to "6 Langkah Mudah Melepas Baterai Laptop Lenovo"

Post a comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel