Ini Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Permasalahan hang pada laptop adalah hal lumrah yang sering dialami oleh para pengguna laptop. Namun, bagaimana jika hang terjadi ketika laptop baru saja dinyalakan? Berikut ini adalah Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Ketika laptop mengalami hang, maka layar hanya akan menampilkan tampilan blank akibat proses booting yang tidak berjalan dengan lancar ( not responding ). Selain, proses booting yang memakan waktu cukup lama, hal tersebut juga ditandai dengan kursor yang membeku / tidak bisa digerakkan sama sekali. 

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan.


Berikut ini ialah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi problem hang pada laptop. 

Laptop hang saat proses booting. 

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Ketika laptop anda mengalami hang saat baru dinyalakan, anda bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan langkah – langkah berikut ini :

Pertama, restart laptop anda dan masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F2 (untuk laptop merk ASUS). Kemudian, pilih Advanced BIOS Features, pilih BIOS cache ganti ke disable. Lalu, simpan dengan cara menekan tombol F10.

Laptop hang saat masuk ke tampilan desktop (windows).


Jika proses booting berjalan dengan lancar, namun kemudian laptop mengalami hang saat memasuki tampilan windows, maka anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini : 

Bersihkan virus dengan menggunakan software cleaner atau software antivirus yang terinstall di laptop. Jika anda tidak memilikinya, maka anda bisa mendownloadnya melalui situs download online. Membersihkan laptop dari virus akan membantu laptop bekerja lebih optimal dan membuat sistem dapat bekerja dengan baik. 

Namun, jika hal tersebut tidak berhasil, maka kemungkinan lain yang mungkin terjadi ialah adanya masalah pada memori RAM dan heatsink. Memori RAM dan heatsink yang berdebu bisa menyebabkan sistem tidak berjalan dengan baik. 

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa membersihkan debu pada memori RAM menggunakan karet penghapus dan membersihkan heatsink menggunakan sikat halus atau kuas halus. 

Laptop hang (not responding) saat menjalankan / membuka suatu program.


Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan selanjutnya ialah dengan cara mengkombinasikan tombol keyboard, yaitu : 

Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc, kemudian pilih program yang not responding dan pilih end task untuk menutup jendela program. Setelah itu, tunggu beberapa saat sebelum anda membuka kembali program tersebut. 

Sebagai alternative, anda juga bisa menekan tombol Ctrl + Alt + Del dan tutup program yang mengalami hang. 

Selain memanfaatkan tombol keyboard, anda juga bisa me-restart laptop untuk merefresh sistem Windows.

Laptop macet total.


Untuk mengatasi laptop yang macet total atau tidak bisa digunakan sama sekali, ialah dengan cara : 

Tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada papan keyboard, kemudian pilih opsi Log Off atau Shut Down
Jika cara tersebut tidak berhasil, maka anda bisa menggunakan tombol power On / Off langsung untuk mematikan laptop secara paksa. 

Langkah efektif untuk kurangi problem hang secara signifikan.


Sebagai perawatan terhadap laptop agar tidak sering mengalami hang, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, misalnya seperti :

Install ulang sistem operasi Windows. 


Jika laptop anda terus menerus mengalami error, maka telah terjadi corrupt pada beberapa file Windows, oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan install ulang untuk mendapatkan sistem Windows yang lebih baik. 

Mengganti memori RAM. 


Memori RAM merupakan salah satu komponen penting pada perangkat laptop yang ikut membantu proses berjalannya sistem agar tetap lancar. Kerusakan RAM akan membuat kinerja laptop menjadi terhambat dan menyebabkan terjadinya hang. 

Agar persoalan hang tidak terus berkelanjutan, maka anda bisa mengganti memori RAM lama dengan yang baru untuk mendapatkan performa laptop yang lebih stabil bahkan lebih baik dari sebelumnya. 

Uninstall driver yang tidak sesuai dengan sistem Windows laptop anda. 


Jika hang masih terus terjadi, mungkin kesalahan terdapat pada driver yang tidak cocok dengan jenis sistem operasi Windows yang terinstall di laptop anda. 

Persoalan ini dapat membuat laptop mengalami hang ketika baru dinyalakan. Jika penyebab hang pada laptop anda diakibatkan oleh ketidakcocokan pada driver dan sistem operasi Windows, maka sebaiknya anda meng-uninstall driver tersebut. 

Mengapa laptop mengalami hang ketika baru dinyalakan ? 


Beberapa penyebab yang mungkin mengakibatkan hang pada laptop ialah : 

Kapasitas memori RAM yang terbatas. 


Minimnya kapasitas RAM yang terpasang di laptop membuat kinerja laptop menjadi terkesan lambat. Itulah mengapa orang – orang lebih menyukai laptop yang mempunyai RAM besar dibandingkan dengan RAM kecil. 

Kapasitas RAM yang besar akan membuat aktivitas komputasi berjalan ringan. Sementara, RAM yang kecil akan membuat laptop mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas dan program – program berat, oleh karena itu, persoalan hang biasanya lebih sering dihadapi oleh pengguna laptop dengan kapasitas memori RAM kecil. 

Telalu banyak program yang terinstall.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Anda mungkin menyimpan banyak file dan program pada satu laptop yang sama. Hal tersebut akan membebani laptop dan membuat ruang kerjanya menjadi terbatas sehingga timbul hang. 
Bersihkan berbagai program yang sudah tidak dibutuhkan lagi dengan cara :

Buka control panel, kemudian pilih uninstall a program atau add / remove program

Banyaknya temporary file. 


Laptop anda sering mengalami hang meskipun tidak banyak program yang terinstall ? Maka kemungkinan besar hang disebabkan oleh file – file yang bersifat temporary (sementara). 

Biasanya file – file tersebut berada di bagian C:\Document dan Settings\nama_user\LocalSettings\Temp dan C:\Windows\Temp. 

Untuk membersihkan file – file temporary tersebut, anda bisa menggunakan program Disk CleanUp dengan cara :

Jalankan program dengan mengklik start / run, kemudian ketik “cleanmgr” lalu pilih lah drive yang akan di hapus / cleanup. 

Harddisk bermasalah.


Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, ada juga penyebab lain yang bisa mengakibatkan masalah hang pada laptop ketika baru dinyalakan, yakni harddisk. 

Harddisk yang bermasalah biasanya disebabkan karena minimnya ruang yang tersisa atau terfragmentasi. Selain itu hardisk lawas / kuno juga dapat menyebabkan rpmnya menurun. 

Cara untuk mengatasi harddisk yang bermasalah ini di antaranya ialah dengan : 

Mengupgrade kapasitas harddisk dengan cara mengganti hardisk lama dengan yang baru, atau bisa juga dengan cara mengupgrade kapasitas harddisk lawas yang anda miliki. 

Melakukan defragmenter pada harddisk secara rutin. 

Memperbaiki kerusakan pada harddisk dengan cara : buka windows explorer, kemudian klik kanan pada harddisk C:, pilih Properties, kemudian klik tools, dan klik check now. Centang scan for and attempt recovery of bad sector, kemudian klik Start. 

Itulah beberapa Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan. Mengetahui berbagai penyebab yang mengakibatkan laptop anda mengalami hang akan mengurangi kepanikan anda dan membuat anda tahu bagaimana cara mengatasinya. Selamat mencoba !
Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel