Layar Laptop Mati ? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Ini!

Seringkali anda mengalami suatu keadaan dimana Layar Laptop Mati secara tiba – tiba, padahal kondisi mesin masih menyala. Tidak hanya anda, kejadian seperti ini juga sering dialami oleh pengguna laptop lainnya. Namun, apa yang menyebabkan layar menjadi seperti itu ? 

Penyebab Layar Laptop Mati (no display) atau tiba - tiba melakukan restart. 


Layar laptop merupakan salah satu komponen yang cukup rentan terhadap kerusakan. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab utama dibalik layar yang  mendadak hilang (blank) atau ter-restart otomatis. Tapi harap dibedakan juga ya antara laptop mati total dengan yang layarnya mati. 

Berikut ini adalah penyebab layar laptop anda mati secara mendadak (no display).

Kerusakan pada software atau hardware. 
Penyebab Layar Laptop Mati yang pertama ialah kerusakan pada software atau hardware. Masalah ini biasanya disebabkan oleh overheat, corrupt, korslet listrik, dan lain sebagainya. Ketika laptop anda mengalami masalah overheat atau korslet atau corrupt, maka ketika laptop dinyalakan layar akan hidup sebentar kemudian kembali hilang (no display). 

Terjadi Dumb Crash pada memory , system atau VGA. 
Problem seperti ini ditandai dengan keadaan mesin yang terus menyala meskipun layar dalam kondisi blank (no display)

Kerusakan pada komponen lain. 
Faktor lain yang bisa menyebabkan layar blank adalah kerusakan pada beberapa komponen, misalnya seperti kerusakan pada komponen harddisk, memori RAM, monitor / panel LCD / LED, dan sebagainya. 

Jika layar laptop anda tiba tiba blank (no display) karena disebabkan oleh salah satu faktor di atas, maka anda masih memiliki kesempatan untuk melakukan upaya perbaikan tanpa harus membawanya ke tukang reparasi / service center. 

Anda bisa melakukan percobaan untuk mengetahui penyebab terjadinya kerusakan pada layar laptop anda dengan langkah berikut ini. 

Pertama anda bisa mencoba menggunakan monitor eksternal dengan port HDMI atau VGA. Jika layar eksternal menampilkan gambar yang jelas sementara layar laptop anda masih blank (no display), maka kemungkinan besar indikasi kerusakan ada pada kartu grafis. 

Namun, bagaimana jika layar eksternal tidak menampilkan tampilan apapun sama seperti layar laptop anda ? 

Jika demikian, maka anda perlu melakukan diagnosa lebih jauh, yakni dengan cara menekan tombol Fn + F atau Fn + F3 (laptop merk lenovo) secara bersamaan dan tahan beberapa saat, kemudian pilih mode second screen only

layar laptop mati


Perhatikan gambar yang ditampilkan oleh layar monitor eksternal, jika layar bisa menampilkan gambar meskipun agak samar, maka artinya layar kesulitan dalam menangkap sinyal dari kartu grafis. 

Anda masih bisa memperbaiki kendala tersebut dengan cara berikut ini : 

Menonaktifkan laptop. 
Cara pertama untuk mengatasi Layar Laptop Mati adalah dengan menonaktifkan laptop langsung melalui tombol On / Off. 

Cara ini adalah solusi yang tepat jika kendala no display disebabkan oleh adanya crash pada sistem, dumb crash, atau memory error. Crash tersebut membuat sistem tidak dapat menjalankan suatu program / file dengan semestinya dan membuat layar menjadi blank. 

Melepas baterai dari cangkangnya.
Kedua, anda bisa mengatasi hal tersebut dengan cara melepaskan baterai laptop dan membiarkannya selama kurang lebih 5 menit lamanya. 

Melepas baterai akan membantu sistem kelistrikan laptop kembali normal dan membuat kinerjanya menjadi lebih optimal. 

Melepas memori RAM laptop.
Jika sebelumnya anda diberikan opsi untuk melepaskan baterai laptop, kini ada cara lain yang bisa anda coba, yakni melepas memori RAM. Cara ini sedikit lebih beresiko jika dikerjakan oleh orang awam, oleh karena itu anda perlu berhati – hati dalam melakukannya. 

Laptop yang digunakan dalam waktu lama akan mengalami shock atau overheat yang membuat suhunya menjadi panas akibat beban yang terlalu berat. Ketika, anda melepas RAM, sebaiknya anda melepas baterai laptop terlebih dahulu agar proses dapat berjalan lebih aman. 

Terdapat beberapa jenis RAM laptop, yakni SOODIM, DDR 1, DDR 2, dan DDR 3. Tempat penyimpanan memori RAM berada di bawah symbol yang dapat anda lihat cukup jelas pada casing bagian belakang laptop. 

Berikut cara melepas RAM laptop secara aman. 

  1. Pertama buka casing penutup / cover belakang laptop dengan menggunakan obeng untuk melepaskan sekrup yang mengunci penutup RAM. Letakkan masing – masing sekrup di tempat yang aman dan mudah terlihat agar tidak ada yang hilang. 
  2. Renggangkan casing belakang / cover tersebut secara perlahan agar tidak membuat plastik pengunci patah. Setelah terbuka, maka anda akan melihat berbagai komponen hardware yang tersusun rapi di dalam laptop.
  3. Cari lokasi tempat memori RAM anda berada, biasanya memori RAM terletak di bawah sebuah cover pelindung yang bisa anda buka dengan mudah dengan cara mencungkilnya menggunakan obeng
  4. Ambil memori RAM, kemudian biarkan selama kurang lebih 5 menit lamanya, kemudian pasang kembali seperti semula. Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah memori RAM sudah terpasang dengan baik dan benar di dalam slotnya. 
  5. Jika sudah, tutup kembali menggunakan cover pelindung yang tadi anda lepas. Kemudian, pasang kembali casing penutup laptop dengan cara menguncinya dengan sekrup.
  6. Nyalakan laptop dan lihat apakah hal tersebut berpengaruh positif pada kinerja layar.


Bersihkan laptop dari virus.
Jika cara di atas belum juga berhasil, maka kemungkinan besar, laptop anda telah terserang virus. Virus pada laptop akan mengakibatkan kerusakan pada file program dan mengakibatkan terjadinya corrupt pada sistem registry windows.  Hal tersebut akan membuat layar tidak bisa bekerja dengan baik. 

Oleh karena itu, anda perlu melakukan pembersihan secara totalitas untuk membasmi virus – virus yang bersembunyi di dalam sistem laptop anda. 

Melepaskan hardware tambahan. 
Jika anda menggunakan hardware tambahan yang tidak mendukung sistem yang dimiliki oleh laptop, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab munculnya masalah layar blank (no display). 

Oleh karena itu, sebaiknya hardware tambahan tersebut dilepaskan dari laptop untuk membantu layar bekerja dengan baik seperti sediakala. 

Mengupdate driver VGA.
Driver VGA yang tidak pernah di update juga bisa menyebabkan kerusakan pada layar anda yang mengakibatkan layar sering mati mendadak / blank. VGA yang kuno akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan software laptop keluaran terbaru, oleh karena itu anda perlu mengupdate driver VGA untuk mendapatkan performa grafis yang lebih baik dan sesuai dengan software laptop anda. 

layar laptop mati


Bagaimana cara mengupdate driver VGA ?
Cara untuk mengupdate driver VGA cukup mudah, anda hanya perlu mengikuti langkah – langkah berikut ini : 
Identifikasi terlebih dahulu kartu grafis yang digunakan laptop anda dengan cara mengetikkan “system information” pada bilah pencarian di menu Start, kemudian klik dua kali untuk melihat informasi detil soal laptop  yang anda gunakan.

Anda akan melihat menu drop down yang berisi berbagai macam kategori informasi. Klik menu display, kemudian anda akan menemukan informasi mengenai kartu grafis yang digunakan laptop anda pada bilah kanan layar, tepatnya pada nama item adapter type dan adapter description. 

Setelah mengetahui jenis kartu grafis yang digunakan laptop anda, kini anda hanya tingggal perlu mencari file update kartu grafis yang sesuai dengan laptop anda. Caranya dengan mendownload file update langsung melalui laman resmi pabrik yang memproduksi kartu grafis tersebut.
Mudah bukan? 
Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel