Tak Kenal Maka Tak Sayang, Yuk Kenali Bagian – bagian Laptop

Bagian-bagian dalam laptop - Di era sekarang ini Teknologi bukanlah hal yang tabu lagi. Begitu pun dengan Laptop, yang mana  merupakan perangkat elektronik yang sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan saat ini. Dengan laptop mengerjakan dokumen akan terasa lebih mudah, terlebih lagi laptop juga sangat praktis dan bisa dibawa kemana-mana, maka tak heran sekarang semakin banyak penggunanya. Untuk itu sebagai pengguna laptop tentunya dirasa perlu untuk mengetahui bagian – bagian Laptop. Dan apa saja fungsi bagian- bagian tersebut.



Bagian yang pertama adalah Chasing


Chasing sendiri adalah bagian paling luar dari laptop, dimana chasing ini memiliki fungsi untuk melindungi dan memasang perangkat laptop, jadi dengan adanya chasing bagian laptop otomatis yang ada di dalam bisa terlindungi dan terhindar dari debu dan benturan

LCD (liquid crystal display)


Bagian yang penting pada laptop yang selanjutnya adalah LCD, yang mana LCD ini salah satu perangkat penting yang ada di laptop, yang fungsinya adalah untuk menampilkan hasil dari proses komputer seperti gambar atau teks. Motherboard juga menjadi salah satu bagian atau komponen laptop, motherboard memiliki fungsi untuk memasang perangkat yang paling utama contohnya adalah prosesor, chipset dan perangkat-perangkat lainnya.

Prosesor 


Bagian dari Laptop sesungguhnya adalah Prosesor. Perangkat komputer yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu perangkat yang memiliki peran sangat penting dalam laptop, karena prosesor memiliki fungsi sebagai otak dari si komputer. Dimana semua kegiatan akan melewati processor terlebih dahulu.

Keyboard


Bagian laptop yang selanjutnya adalah Keyboard, Keyboard sendiri memiliki peran sebagai alat untuk memasukan data baik berupa data angka maupun data huruf. Keyboard pada laptop biasanya dibuat seminimalis mungkin.

Touchpad


Pada touchpad sendiri memiliki tugas untuk menggerakan pointer pada layar monitor pada laptop , touchpad ini perannya sama seperti mouse di PC, sedangkan kalau laptop untuk menggerakkannya menggunakan touchpad ini sedangkan komputer untuk menggerakkannya menggunakan mouse.

RAM (Random Acces Memory)


Random access memory atau lebih sering disebut dengan RAM, merupakan salah satu perangkat yang ada di komputer dan laptop. RAM ini  memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara, dan biasanya kecepatan kerja pada laptop sangat dipengaruhi oleh besarnya RAM, jadi semakin besar RAM maka kerja laptop akan semakin cepat begitu juga sebaliknya semakin kecil RAM maka semakin lama kerja laptopnya. 

Hard Disk


Hard Disk adalah salah satu perangkat komputer dan Laptop yang memiliki fungsi dalam menyimpan data-data di laptop secara permanen, data yang ada di dalam hard disk ini tidak akan hilang kecuali jika sengaja di hapus.



Wireless Card


Wireless card ini adalah perangkat keras pada laptop yang fungsinya sebagai perantara, dimana cara kerjanya tidak menggunakan kabel. Wireless card juga memiliki fungsi untuk menangkap sinyal wi-fi dari akses lain tanpa perlu menggunakan kabel sama sekali.

DVD


Perangkat laptop selanjutnya yaitu DVD, DVD ini memiliki fungsi membaca data-data yang ada dari CD, fungsi yang lainnya adalah  DVD bisa burning pada CD.

Baterai 


Perangkat laptop selanjutnya yang pasti sudah tak asing lagi yaitu baterai, baterai pada laptop ini memiliki fungsi menyimpan daya listrik pada laptop, dengan adanya baterai laptop maka laptop bisa digunakan tanpa harus terhubung langsung ke arus listrik. Biasanya laptop bisa bertahan menggunakan baterai sampai 8 jam. Cek juga artikel mengenai cara mudah melepas baterai laptop lenovo.



Kipas 


Kipas pada Laptop ini tentunya memiliki tugas atau fungsi untuk mendinginkan laptop seperti prosessor, sehingga laptop dapat  bekerja dalam waktu yang lebih lama dan tentunya laptop tak mudah panas.

Ya itu tadi adalah bagian- bagian laptop yang mana sangat penting dan harus dirawat supaya performa laptop selalu terjaga. Nah kami akan membahas bagaimana cara merawat laptop supaya awet dan tak mudah rusak.

Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur


Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur memang lebih nyaman. Tetapi perlu anda perhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas kasur dapat menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun akan mengalami overheat.

Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop


Menaruh barang diatas laptop Kebiasaan ini sering sekali dianggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini bisa jadi berakibat fatal. Maka dari itu hindari menaruh barang berat di atas laptop. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari


Untuk menjaga supaya laptop awet dan tak mudah bermasalah adalah, salah satunya dengan cara menghindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Hal itu di sebabkan karena  beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama


Laptop berbeda dengan komputer yang mana komputer dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Makanya biasakan untuk menggunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan ada baiknya anda matikan laptop anda. Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan salah satu  faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

Tips menarik lainnya :
  1. Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dimatikan

Perhatikan Suhu Laptop Anda


Banyak sekali pemilik laptop yang tidak terlalu memperhatikan bahkan mengabaikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya overheat pada laptop.

Bersihkan Optical Drive Laptop 


Perlu untuk anda ketahui, jika Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan hal tersebut dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD.

Maka dari itu perlunya membersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Dan berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive ini sangat rentan.

Bersihkan Layar Laptop secara Rutin


Selain membersihkan DVD room, disamping itu juga tidak lupa disarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, benda itu berguna untuk  melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan. Yang paling penting jangan lupa bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara rutin.

Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet


Kegiatan ini sering sekali dilakukan oleh para user Laptop. Yaitu mengunduh software secara sembarangan dari internet, padahal hal itu dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop anda. Jadi disarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan juga harus lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet karena hal itu mungkin terlihat sepele padahal bisa saja menjadi kesalahan fatal

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat


Kebiasaan buruk ini memang  sering sekali dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka bermain game. Karena menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop itu sendiri mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut juga menjadi salah satu penyebab baterai laptop anda bocor.

0 Response to "Tak Kenal Maka Tak Sayang, Yuk Kenali Bagian – bagian Laptop"

Post a Comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel