Wajib Disimak! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik - Ada beragam masalah yang hadir dan menyerang perangkat seperti laptop. Masalah mulai dari layar hingga kipas kadang hadir dan mengganggu kerja penggunanya. Salah satu masalah yang sering muncul adalah masalah kipas laptop berisik. Bagi yang terbiasa bekerja dengan laptop tentu ini cukup mengganggu.

Untuk itu masalah seperti ini harus segera diatasi. Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan kipas laptop mengeluarkan suara berisik. Setiap penyebab tentunya memiliki cara masing-masing untuk mengatasinya. Selengkapnya seputar penyebab dan cara mengatasi kipas laptop yang berisik akan ditampilkan di sini.

Penyebab dan Cara Atasi Kipas Laptop Berisik



Ternyata ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kipas laptop menjadi berisik. Setiap masalah kipas laptop ini tentu memiliki penyelesaiannya masing-masing. Inilah beberapa penyebab serta cara yang dapat dilakukan untuk atasi kipas laptop berisik.

1. Kipas yang Kotor


Salah satu penyebab kipas laptop menjadi berisik yang paling sering dijumpai adalah kondisi kipas yang kotor. Selama ini pengguna laptop mungkin ada banyak yang jarang bahkan tidak memperhatikan kondisi kebersihan laptopnya. Padahal laptop yang kebersihan (utamanya bagian dalam) tidak terjaga juga dapat memicu beragam masalah.

Salah satu masalah yang dapat muncul adalah kipas yang menjadi berisik. Hal ini karena adanya debu serta kotoran yang menumpuk pada kipas. Lebih lanjut ini juga akan mengganggu performa dari kipas tersebut. Jadi pendinginan pun tidak berlangsung secara maksimal. 

Sebaiknya hal ini harus segera diatasi karena jika dibiarkan akan mengakibatkan laptop cepat panas dan hang. Bagaimana cara mengatasinya? Tentu dengan melakukan pembersihan pada kipas. Jika memang laptop masih memiliki waktu garansi sebaiknya bawa ke service center resmi guna memperoleh penanganan lebih lanjut. Untuk mencegah hal ini kembali terjadi lakukan pembersihan secara berkala.

Tidak hanya pembersihan pada bagian kipas saja, namun juga pada bagian laptop yang lain seperti ventilasi laptop. Ini karena biasanya pada bagian-bagian tersebut debu akan menumpuk dan menyebabkan laptop menjadi bekerja kurang maksimal.

2. Masalah Pada Processor


Selain masalah kipas laptop yang kotor rupanya hal lain yang mendasari kipas laptop berisik penyebabnya adalah masalah pada processor. Pada kasus tertentu ada hal yang menyebabkan suhu dari processor menjadi naik. Hal ini biasanya terjadi saat prosesor melakukan kinerja berat. Seperti saat sedang bermain game ‘berat’ hingga melakukan beberapa fungsi yang menyita kerja.


Saat itulah biasanya kipas harus bekerja ekstra untuk memastikan jika pendinginan pada laptop tetap bekerja secara maksimal. Kerja yang berat itu kemudian membuat kipas menjadi harus berputar secara ‘ekstra’. Semakin kencang putarannya tentunya akan menghasilkan suara yang semakin berisik. 

Pengguna laptop tidak boleh meremehkan begitu saja suara berisik yang keluar saat kipas laptop berbunyi berisik. Pasalnya hal ini sekaligus menjadi indikator bahwa processor dari laptop tersebut bekerja di luar ‘kemampuannya’. Untuk itu hal ini harus segera diatasi.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? Sebenarnya cara mengatasi hal ini cukup mudah, yaitu dengan memperhatikan spesifikasi laptop. Dari sana dapat dilihat berapa kapasitas yang mampu ditangani oleh processor. Hindari penggunaan kerja yang dinilai melebihi kapasitas dari laptop tersebut. Ini untuk menghindari hal yang sama terjadi kembali. 

3. Kerusakan Pada Kipas


Salah satu hal lain yang dapat menyebabkan bunyi berisik pada laptop adalah karena kerusakan yang dialami oleh kipas. Ada banyak penyebab yang membuat kipas menjadi rusak, salah satunya adalah faktor usia pemakaian. Tentunya semakin lama pemakaian laptop maka kondisi laptop pun semakin menurun, termasuk kondisi kipas yang ada di dalamnya.

Kondisi kipas yang semakin di makan usia ini bukan hanya berarti kemampuan kipas yang menurun. Dalam banyak kasus bahkan kipas yang lama digunakan juga menyebabkan kipas tidak dapat berfungsi kembali. Kegiatan pendingan processor pun tidak dapat berlangsung. Hal ini yang membuat sekeras apapun kipas berfungsi processor akan terus terasa panas.

Hanya ada cara untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan mengganti kipas itu sendiri. Mengganti kipas memang cukup mudah, namun jika tidak memiliki pengalaman mengganti kipas sebaiknya serahkan pada service center resmi atau service center yang berpengalaman. Ini untuk mencegah adanya kesalahan dalam pemasangan kipas.

Kipas akan semakin mudah rusak apabila perawatan dan kondisinya tidak dijaga dengan baik. Untuk itu baiknya lakukan perawatan dan pembersihan kipas secara rutin guna menjaga agar kipas menjadi lebih awet nantinya.

4. Suhu Laptop


Fungsi dari kipas laptop adalah untuk membuat suhu di dalam laptop menjadi lebih stabil. Pasalnya overheat yang terjadi pada laptop akan memiliki dampak yang cukup signifikan pada beragam komponen dalam laptop. Bahkan jika dibiarkan lebih lanjut akan membuat laptop tersebut menjadi rusak. Tak heran jika kemudian kipas laptop memiliki peran penting di sini.

Lalu bagaimana jika suhu di dalam laptop menjadi meningkat? Hal ini tentu membuat kinerja kipas laptop menjadi lebih berat. Penyebab suhu di dalam laptop menjadi meningkat pun ada banyak. Salah satunya seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu kerja processor diluar kemampuan.

Di sisi lain ada juga penyebab lain laptop menjadi panas. Mulai dari pemakaian yang cukup lama sampai dengan peletakan laptop yang asal. Kedua hal tersebut turut serta memacu timbulnya ‘panas’ pada laptop.

Kondisi panas pada laptop ini berpengaruh pada kinerja kipas. Semakin panas laptop maka kinerja kipas akan menjadi lebih berat. Kipas pun harus berputar semakin cepat untuk mengatasi rasa panas tersebut. Ini yang membuat kipas laptop berisik, karena ia sedang ‘bekerja ekstra’.

Cara mengatasi hal ini tentu saja dengan memperhatikan hal-hal yang dapat membuat laptop menjadi panas. Mulai dari durasi penggunaan sampai dengan peletakan laptop yang ‘baik’. Selain membantu kinerja kipas laptop ini juga membantu untuk mengatasi permasalahan lain yang timbul akibat overheat.

baca juga :
  1. Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Dengan Sendirinya Padahal Masih Baru
  1. Solusi Internet Nyambung Namun Laptop Tidak Bisa Digunakan Untuk Browsing

5. Kesalahan Pemasangan


Ada banyak pengguna laptop yang memutuskan melakukan upgrade spesifikasi laptopnya. Berbagai komponen baru pun ditambahkan di dalam laptop. Tentunya penambahan komponen harus dilakukan pihak yang profesional dan berpengalaman guna mencegah kesalahan pemasangan.

Ada banyak dampak yang muncul akibat kesalahan pemasangan. Kipas laptop yang berisik adalah salah satu dampak yang dapat muncul karena kesalahan pemasangan. Jadi, bagi pengguna yang bingung karena kipas yang berbunyi berisik pasca upgrade laptop, mungkin kesalahan pemasangan dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Jika hal ini sudah terjadi tentunya laptop harus dibongkar kembali. Ini untuk memastikan apakah kipas yang dipasang telah benar atau tidak. Di sisi lain ini juga dapat menjadi media untuk memastikan apakah ada penyebab lain yang membuat kipas menjadi berbunyi berisik. 

Ternyata ada banyak hal yang dapat membuat kipas laptop berisik. Mulai dari masalah kebersihan sampai dengan pemasangan yang salah. Pihak pengguna laptop yang mengalami kejadian ini baiknya memastikan lebih dahulu apa penyebab kipasnya mengeluarkan bunyi berisik. Melalui analisa penyebab kipas berisik itulah tindakan yang tepat dapat diambil. Ini karena setiap kondisi memiliki penyelesaian yang juga berbeda-beda. 

0 Response to "Wajib Disimak! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik"

Post a Comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel