Apakah VGA Laptop Bisa Diganti? Jawabannya; Tergantung Tipe Laptop

Video Graphics Array atau VGA menjadi salah satu komponen penting yang ada di dalam laptop. Jenis VGA yang ada di pasaran juga bermacam-macam. Selain jenisnya yang bermacam-macam, pertanyaan yang hadir seputar VGA pun turut beragam. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditemui adalah apakah VGA laptop bisa diganti?

apakah VGA laptop bisa diganti


Memang seperti perangkat lain VGA juga rentan mengalami kerusakan. Tentunya para pengguna laptop yang VGA-nya mengalami kerusakan banyak bertanya-tanya, apakah sebenarnya VGA yang rusak tersebut dapat diganti atau tidak. Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya simak lebih lengkapnya di sini.

Apa Itu VGA?


Sebelum beranjak lebih lanjut menjawab pertanyaan apakah VGA laptop bisa diganti, lebih dahulu harus dipahami tentang apa itu VGA. Ini akan menjadi pembuka yang penting untuk memberikan pemahaman terkait dengan VGA.Jadi apa itu VGA? 

Video Graphics Array atau VGA ini merupakan sebuah komponen yang ada di dalam perangkat laptop maupun PC. Ia menjadi sebuah alat yang digunakan untuk mengelola tampilan yang digunakan dalam PC maupun laptop. VGA ternyata juga memiliki processor yang biasa disebut dengan Graphics Processing Unit atau GPU yang dalam penggunaannya juga membutuhkan memori.

Apa fungsi dari VGA? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika VGA ini memiliki hubungan dengan pemrosesan gambar ke monitor. Gambar yang ditampilkan dan dihasilkan pada display atau monitor ini merupakan hasil gambar dari VGA. 

Selain berhubungan dengan gambar ada beberapa fungsi lain yang dapat diperoleh dari VGA. Mulai dari menyimpan data yang ada dari hardisk, menjadi penerjemah output komputer ke dalam monitor hingga melakukan pemrosesan pada grafis yang nantinya akan dihadirkan pada monitor.

Saat ini umumnya VGA yang ada merupakan VGA on board yang ditanamkan langsung pada motherboard. Jadi pengguna tidak perlu lagi menggunakan VGA card yang memiliki spesifikasi tinggi untuk dapat melakukan berbagai aktifitas multitasking.

Apakah VGA Laptop Bisa Diganti?

apakah VGA laptop bisa diganti


Jika tadi sudah dibahas terkait dengan definisi VGA, sekarang saatnya menjawab pertanyaan yang sebelumnya sudah diajukan. Nah, lalu apakah VGA laptop bisa diganti? Jawaban untuk pertanyaan ini ada 2, yaitu tidak dan tergantung jenis laptop. Untuk lebih lengkapnya dapat disimak di bawah ini.

1. Tidak Dapat Diganti

Ada beberapa referensi yang menyebutkan jika VGA tidak dapat diganti. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya ada banyak laptop yang memiliki VGA on board. Penggantian VGA berarti mengganti seluruh komponen yang ada di dalam board tersebut.

Pada laptop yang VGA-nya tidak bisa diganti ini komponen yang dapat diganti hanya bagian RAM serta harddisk saja. Kedua komponen inilah yang dapat diubah namun tidak untuk komponen selain kedua komponen tersebut. 

Kalaupun ada cara untuk mencabut dan mengganti VGA ini harus menggunakan cara khusus yang tentu berbeda dengan alat untuk mencabut komponen lainnya. Sedangkan jarang ada tempat service yang memiliki alat penggantian VGA tersebut. 

Selain itu walaupun ada alat yang dapat digunakan untuk mengganti slot VGA maka harus diganti dengan VGA yang sejenis. Ini karena jika berbeda maka kaki-kaki yang ada pada VGA untuk ditempelkan pada mainboard juga akan berbeda.

Lalu bagaimana jika dipaksakan menggunakan VGA yang berbeda? Tentu saja lebih jauh hal ini akan membuat kerusakan pada mainboard dan juga pada VGA itu sendiri.

2. Dapat Diganti Untuk Laptop Tertentu

Ternyata ada laptop yang dapat diganti VGA-nya. Bagaimana kriteria laptop yang dapat diganti VGA-nya? Ini bergantung dengan jenis laptopnya. Biasanya laptop yang dapat diganti VGA-nya adalah laptop yang memiliki slot MXM. 

Apa itu slot MXM? Slot ini merupakan tempat yang digunakan untuk meletakkan VGA yang berbentuk serupa kartu atau card. Jika ada MXM pada laptop maka VGA dari laptop itu dapat diubah. Bahkan ada kemungkinan laptop yang memiliki slot jenis ini dapat di upgrade. 

Ada tiga jenis slot MXM, mulai dari MXM I, MXM II hingga MXM III. Ketiganya dibedakan melalui spesifikasi yang dimilikinya. Selain itu harus dipahami jika laptop yang memiliki slot MXM ini harganya cukup fantastis. Jadi, nampaknya keinginan untuk mengupgrade VGA ini harus dipendam jika laptop tidak memiliki slot MXM.

Alternatif Saat VGA Tidak Bisa Diganti

apakah VGA laptop bisa diganti


Tadi sudah di jawab pertanyaan mengenai apakah VGA laptop bisa diganti. Jawabannya adalah bisa dan tidak. Bisa untuk jenis laptop tertentu dengan slot VGA serta tidak untuk laptop yang tidak memiliki slot VGA. Sekarang pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika ingin menambah atau mengganti VGA jika laptop tidak memiliki slot?

1. Menggunakan Software

Cara yang pertama dapat dilakukan untuk menyiasati hal ini adalah dengan menggunakan software. Perlu diketahui jika ada software VGA yang hadir untuk membantu menambah kapasitas VGA yang dimiliki . Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk menambah VGA ini.
IDAMT atau Intel Display Adapter Management Tool adalah sebuah software yang dapat dipakai untuk menambah memori VGA. Hanya saja ini dapat digunakan untuk laptop yang memiliki VGA intel saja. Pengguna software ini harus memastikan jika RAM yang dimilikinya cukup besar. Kehadiran IDAMT untuk merubah vertex processing mode, jadi ada pembagian pekerjaan yang terjadi.
PHDGD Now. Selain IDAMT ada juga software yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas VGA, yaitu PHDGD Now. Software yang satu ini bekerja untuk mengubah setting yang ada pada GPU. Jadi kualitas grafis yang ada dikurangi untuk digunakan meningkatkan ruang pada memori VRAM. Peningkatan yang ada akibat penggunaan software ini bergantung pada jenis GPU yang digunakan.

2. Menggunakan VGA Eksternal

Alternatif lain yang dapat digunakan untuk memaksimalkan VGA laptop selain menggunakan software adalah dengan menggunakan VGA eksternal. Dibanding dengan software VGA cara ini dinilai lebih ampih. Salah satu tool yang dapat digunakan adalah EXP GFC. 

Harus diingat penggunaan VGA eksternal ini bukan untuk mengganti VGA yang ada di dalam laptop. Adanya VGA eksternal ini digunakan untuk memaksimalkan VGA atau ‘mengakali’ VGA yang ada. VGA eksternal ini hadir dengan ragam jenis serta spesifikasi yang dapat ditemukan di pasaran. 

Langkah-langkah penggunaan VGA eksternal pun cukup mudah. Namun, sebelum memasang VGA eksternal ini pengguna juga harus memahami kapasitas TOLUD yang dimiliki oleh laptop. Pasalnya berbeda dengan PC yang memiliki kapasitas TOLUD cukup besar, laptop memiliki kapasitas TOLUD yang terbatas. Hal ini yang harus menjadi perhatian dari pengguna VGA eksternal.

Bagi yang ingin menggunakan VGA eksternal ini sebaiknya memahami dulu cara penggunaannya yang banyak terdapat di internet. Ikuti langkah-langkahnya dengan baik untuk memastikan jika VGA eksternal memiliki hasil yang maksimal nantinya. 

3. Mengganti Laptop

Kedua cara di atas memang menjadi alternatif yang dapat digunakan untuk mengakali kemampuan VGA, namun tentu saja tidak dapat mengganti VGA secara mendasar. Untuk itu jika masih merasa kurang puas dengan kedua cara di atas hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti laptop. Pilih laptop dengan kapasitas VGA yang dirasa sesuai dengan kebutuhan.

Itu tadi berbagai permasalahan seputar VGA yang harus dipahami. Mulai dari pertanyaan mengenai apa itu VGA, apakah VGA laptop bisa diganti, hingga bagaimana cara mengakali VGA yang tidak bisa diganti sudah dijawab di atas. Nah, bagaimana sudah memutuskan akan menggunakan cara yang mana untuk mengatasi permasalahan VGA yang hadir?

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel