Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Tanpa Harus Dibawa Ke Service Center

Sebagai piranti penunjang, laptop sudah menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari pekerjaan seseorang. Laptop yang mudah dioperasikan membuat aktivitas komputasi menjadi semakin lancar. Namun, bagaimana jika laptop anda mendadakmati dan tidak bias dinyalakan kembali ? Bagaimana Cara Memperbaiki Laptop Mati Total tanpa harus membawanya ketukang service ?

Sebelum mengulas bagaimana Cara Memperbaiki Laptop Mati Total, sebaiknya anda menganalisis lebih jauh kondisiter kini laptop anda untuk mengetahui apakah laptop benar – benar mati total atau hanya mengalami kendala kecil. 

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total-1


Manakah kondisi yang paling mendekati keadaan terkini laptop anda ?

Berikut ini adalah 4 jenis keadaan laptop yang perlu anda ketahui.

Kondisi pertama. 

Ketika tombol power On / Off ditekan, lampu indikator pada laptop tidak ada satupun yang menyala, tidak terdengar suara kipas berputar, dan suhunya tetap (tidak ada peningkatan).

Kondisi kedua.

Ketika tombol power On / Off ditekan, lampu indikator pada laptop tidak ada satupun yang menyala, tidak terdengar suara kipas berputar, tetapi suhunya sedikit mengalami peningkatan. 

Kondisi ketiga.

Ketika tombol power On / Off ditekan, ada beberapa lampu indikator yang menyala, terdengar suara kipas berputar, ada lampu indikator yang berkedip tidak normal, lampu layar (jika ada) menyala, tetapi tidak ada flicker.

Kondisi keempat.

Ketika tombol power On / Off ditekan, semua lampu indicator menyala, terdengar suara kipas berputar, layar seolah menyala namun tidak menampilkan gambar apapun/ blank, proses booting seperti berjalan dengan normal. 

Tutorial Cara Memperbaiki Laptop Mati Total.

Setelah mengetahui keempat jenis keadaan yang mungkin terjadi pada laptop anda, maka kini waktunya anda menarik kesimpulan, kondisi mana yang lebih sesuai dengan laptop anda ?

Pertama – tama anda perlu mensterilkan lingkungan dari listrik statis. Sebagai tambahan, anda juga perlumemiliki alat DVM (digital volt meter) untuk mendukung proses perbaikan agar dapat berjalan secara maksimal. 

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total-2


Jika keadaan laptop anda persis seperti keadaan nomor satu, dimana ketika tombol power On / Off ditekan, lampu indikator pada laptop tidak ada satu pun yang menyala, tidak terdengar suara kipas berputar, dan suhunya tetap (tidak ada peningkatan), maka langkah – langkah berikut mungkin akan bias memperbaiki kondisi laptop anda :

Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah melepas baterai dari cangkangnya dan masukkan baterai laptop lain yang masih normal. Jika cara tersebut tidak bekerja dan laptop masih mati, maka anda bias langsung menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai apapun. 

Caranya adalah dengan mengosongkan cangkang baterai, dan nyalakan laptop dengan menggunakan adapter atau charger yang langsung terhubung dengan sumberlistrik. 

Jika keadaan laptop tidak berubah juga maka lakukan langkah berikut ini :

Buka casing penutup bagian belakang, uku rvoltase pada motherboard dalam keadaan laptop masih tersambung dengan listrik. Jika ukuran voltase menunjukkan 0 VDC, maka konektor perlu diganti.
Jika ukuran voltase menunjukkan tegangan antara 0 – 19 VDC, maka motherboard perlu diganti. 

Bagaimana jik akondisi laptop anda seperti keadaan nomor 2, dimana ketika tombol power On / Off ditekan, lampu indikator pada laptop tidak ada satupun yang menyala, tidak terdengar suara kipas berputar, tetapi suhunya sedikit mengalami peningkatan ?

Untuk mengatasi masalah seperti ini, anda hanya perlu melakukan instruksi seperti pada cara pertama, yakni melepas baterai dari cangkangnya dan masukkan baterai laptop lain yang masih normal. Jika cara tersebut tidak bekerja dan laptop masih mati, maka anda perlu mengosongkan baterai dan menyalakan laptop langsung melalui charger atau adpater yang tersambung dengan sumber listrik. 

Jika hal ini masih tidak  memberikan pengaruh apa – apa pada laptop anda, maka ikuti langkah berikut ini :

Buka casing penutup laptop, kemudian carilah sumber panas pada komponen – komponen yang ada. Biasanya, sumber panas berasal dari 4 komponen ini :konektor DC, prosesor atau CPU, GPU, dan screen inverter. 

Cek tegangan dan lihat apakah hasilnya menunjukkan tegangan di kisaran 0 – 19 VDC. Perlu diperhatikan bahwa terkadang anda tidak perlu melakukan penggantian, karena komponen – komponen tersebut mungkinmasihbekerjadenganbaik, hanyasajaperludilakukan solder ulanguntukmerekatkansambungannya, 


Jika iya, mak aterdapat peripheral yang membebani listriknya secara berlebih. Untuk mengatasi hal seperti ini, kemungkinan besar anda perlu mengganti CPU, GPU, motherboard, konektor daya, atau LED. 

Misalnya, GPU mungkin tidak bias bekerja dengan baik karena sambungannya terlepas dari solderannya, oleh karena itu anda hanya perlu melakukan solder ulang untuk memasangkan sambungan nya kembali. 

Untuk kondisi laptop seperti di nomor 3, dimana ketika tombol power On / Off ditekan, ada beberapa lampu indikator yang menyala, terdengar suara kipas berputar, ada lampu indikator yang berkedip tidak normal, lampu layar (jika ada) menyala, tetapi tidak ada flicker, maka ikuti langkah berikut :

Lepaskan baterai dari cangkangnya dan masukkan baterai laptop lain yang masih normal. Jika cara tersebut tidak bekerja dan laptop masih mati, maka anda perlu mengosongkan baterai dan menyalakan laptop langsung melalui charger atau adapter yang tersambung dengan sumber listrik. 

Masih tidak bergeming ?Maka lepaskan seluruh peripheral (RAM, kipas, harddisk, DVD/CD, tambahan wireless, dan kabel RAM video) dari laptop. 

Periksa apakah GPU terpasang dengan baik ataukah ada bagian solderan yang terlepas, terbakar atau gosong. Jika iya, anda hanya perlu menyolder ulang atau mengganti motherboard. 

Jika GPU baik – baiksaja, periksa CPU. Jika panas berlebihan dating dari bagian CPU, maka anda hanya perlu mengganti CPU tersebut dengan CPU yang baru.

Jika kondisi laptop anda seperti pada nomor 4, maka kemungkinan besar permasalahan terletak pada bagian inverter. 

Perhatikan layar ketika anda menekan tombol On / Off, apakah layar mengalami sedikit perubahan warna seperti kedipan ? jika tidak, coba tes ulang dengan cara mengamati layar dalam kondisi pencahayaan yang minim (redupkan lampu di ruangan).

Jika terdapat cahaya pada layar meskipun sangat sedikit, maka hal yang perlu anda lakukan selanjutnya ialah mengukur arus masuk ke inverter, jika menunjukkan tegangan kurang lebih 90 VAC maka masalaha da pada inverter dan anda perlu menggantinya. 

Apabila layar laptop benar – benar tidak mengalami perubahan apapun, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada layar anda. Sehingga anda perlu mengganti panel layar dengan yang baru. Mau tidak mau perlu membawanya ke tukang service laptop.

Itulah berbagai Cara Memperbaiki Laptop Mati Total yang bias anda lakukan di rumah. Namun, memperbaiki laptop tanpa bantuan dari orang yang lebih ahli merupakan hal yang cukup beresiko. 

Anda perlu mempelajari beberapa hal penting sebelum mulai mengutak atik laptop agar proses perbaikan dapat berjalan dengan mulus tanpa masalah apapun. Selamat mencoba !

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel