Penyebab Layar LCD Laptop Rusak

Tahukah Anda apa saja penyebab layar LCD laptop rusak? Layar LCD pada laptop memang dinilai menjadi bagian dari laptop yang cukup riskan rusak. Apalagi kalau layar LCD ini tidak diberi perlindungan apa-apa.

Bisa mengharuskan Anda mengeluarkan uang yang banyak untuk memperbaikinya. Supaya hal ini tidak menimpa Anda, maka ada baiknya Anda mengetahui apa saja sebab-sebab rusak layar LCD pada laptop.

Ini Penyebab Layar LCD Laptop Rusak



Penyebab Layar LCD pada Laptop Rusak

Sebenarnya, rusaknya layar LCD pada laptop bisa disebabkan banyak hal. Bisa disebabkan karena faktor internal dan bisa juga disebabkan faktor eksternal. Namun demikian, rusaknya layar LCD pada laptop ini mayoritas disebabkan oleh faktor eksternal yang mana diartikan sebagai kesalahan manusia. Sejauh ini ada dua penyebab layar LCD laptop rusak yang paling sering terjadi.

Penyebab pertama adalah adanya benturan benda tumpul. Baik benturan keras maupun benturan ringan sama-sama berpotensi membuat layar LCD rusak. Benda tumpul apa yang bisa menyebabkan kerusakan ini? 

Bisa dikatakan hampir semuanya. Keadaan laptop yang menutup tetap berpotensi rusak layarnya karena benturan benda tumpul. Jadi, mulai sekarang pahamilah bahwa tak hanya laptop dalam keadaan terbuka saja yang bisa menyebabkan layar LCD rusak. 

Laptop yang sedang menutup bisa saja rusak layar LCDnya saat tertimpa benda berat. Sedangkan laptop yang terbuka tentu juga memiliki kemungkinan akan rusak layar LCD-nya jika terkena benda tumpul. 

Adapun benda tumpul yang mungkin mengenai laptop adalah bolpoin, tutup flashdisk, flashdisk, dan benda kecil lainnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Mungkin saja, saat laptop Anda terbuka Anda menaruh benda-benda tersebut di atas keyboard, kemudian lupa atau tak sengaja langsung menutupnya dengan bantingan.

ini Penyebab Layar LCD Laptop Rusak 2


Hal ini bisa membuat layar LCD terkena langsung benda tersebut, dan akan terjadi kerusakan baik bagian dalam maupun bagian luar. kerusakan bagian luar bisa Anda lihat dengan jelas seperti retak atau pecah. 

Kerusakan bagian dalam sulit untuk dilihat, retakan yang terjadi di bagian dalam ini bisa membuat layar LCD tidak mau nyala, bisa juga membuat suatu bercak saat laptop dihidupkan. Benda lain seperti earphone dan bagian pada charger laptop yang keras juga bisa membuat layar LCD laptop Anda rusak. 

Kemungkinan lain yang bisa dinilai menjadi penyebab layar LCD laptop rusak adalah terjatuhnya laptop. Baik jatuhnya dari tempat yang rendah maupun dari ketinggian, tetap sama-sama berpotensi membuat rusak. 

Saat laptop terjatuh atau jatuh secara sengaja, ada beberapa komponen yang memiliki potensi besar akan rusak. Pasalnya, tak semua hardware atau komponen pada laptop bersifat tahan banting. 

Apalagi kalau bicara soal layar LCD, bagian ini dinilai cukup mudah rusak jika terkena bantingan atau benturan. Jangan kira hanya layar jenis LCD saja yang bisa rusak saat terbanting atau terjatuh, layar jenis LED pun juga tetap berpotensi rusak jika terkena benturan, apalagi kalau benturannya keras.

Itulah dua sebab umum yang bisa membuat layar LCD rusak. Sebenarnya, bisa dikatakan juga rusak tidaknya layar LCD laptop itu sangat tergantung penggunaan. Jika pemilik atau penggunanya bisa berhati-hati maka rusaknya layar LCD laptop bisa terhindar. 

Namun jika pemilik laptop kurang awas, hal-hal yang membuat layar LCD rusak bisa terjadi. Intinya adalah sebisa mungkin jangan menaruh benda-benda tumpul di atas keyboard, meletakkan laptop di posisi aman, serta usahakan supaya laptop tidak jatuh atau terbanting.



Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel