Agar Windows Berjalan Dengan Cepat

Agar windows berjalan dengan cepat Anda harus melakukan beberapa langkah-langkah, karena windows yang lemot akan sangat mengganggu.

Semakin lama komputer yang Anda gunakan , perlahan proses menyala atau untuk booting bisa menjadi lebih lama dari waktu ke waktu. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi lama atau tidaknya waktu yang akan dipakai untuk windows agar komputer bisa sepenuhnya untuk dioperasikan.

Bila tidak terurus, semua pengguna komputer dan laptop pasti akan mengalami kelemotan dalam proses booting. 

Salah satu penyebab laptop menjadi lemot adalah karena ukuran RAM yang kecil, sehingga membuat windows lemot berjalan. Jika kapasitas RAM berkurang maka akan dialihkan ke hardisk yang jauh lebih lambat performanya.

Ada baiknya jika disediakan RAM sebesar 4 GB yang sudah sangat cukup untuk kegiatan sehari-hari. Namun bukan berarti mempunyai RAM yang besar akan membuat terbebas dari kondisi lambatnya sebuah komputer. Dikarenakan masih ada hal yang dapat menyebabkan Windows melakukan proses yang cukup banyak.

Nah berikut ini adalah cara supaya windows pada komputer atau laptop tidak lambat.

Hapus Program Yang Tidak Diperlukan

Hal ini boleh dibilang cukup penting dikarenakan semakin banyak program yang terpasang pada komputer, maka secara tidak sadar semakin banyak pula proses yang berjalan dibelakang. Maka hapuslah seluruh program yang sudah tidak digunakan.

Laptop maupun komputer yang sudah mempunyai sistem operasi bawaan dari pabrik sudah dipastikan memiliki program-program bawaan juga yang terbilang bloatware. Contohnya saja pada laptop HP Envy 4 saya langsung memiliki Cyberlink DVD.

Selain itu Anda harus menghapus program yang mempunyai fungsi yang sama. Misalnya terdapat VLC Player dan Media Player Classic atau Microsoft Office dan Open Office yang memiliki fungsi yang jau tidak berbeda.

Supaya Windows Berjalan Dengan Cepat


Minimalkan Program Pada Startup dan Services

Agar windows berjalan dengan cepat adalah dengan cara meminimalkan program pada startup dan services. Program yang telah dipasang kadang memiliki startup yang langsung berjalan pada setiap Windows yang akan dinyalakan. Untuk mematikan ikuti langkah berikut ini.

Anda harus membuka System Configuration melalui Run (Win + R) lalu ketikkan msconfig. Pada bagian kategori pilih Startup, maka akan ditampilkan program-program yang berjalan. Untuk Windows 8 dan 10 akan diarahkan ke Task Manager terlebih dahulu. Matikan sebanyak mungkin dan sisakan yang penting saja seperti Synaptic untuk touchpad pada laptop.

Begitu juga kategori services, pilih Hide All Microsoft Services, untuk menyembunyikan yang memang dibutuhkan Windows. Lalu matikan yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Supaya Windows Berjalan Dengan Cepat


Kosongkan Partisi Windows 

Biasanya partisi sistem operasi akan berada pada drive C:\. Yang dimaksud mengosongkan disini adalah menyimpan seluruh data pribadi pada partisi lain seperti D:\, sehingga pada C:\ hanya terdapat sistem operasi dan program saja. Hal ini sudah mencakup data pada berkas dokumen, download, video dan sebagainya.

Agar Windows Berjalan Dengan Cepat 1


Bersihkan Desktop

Semakin banyak data seperti icon pada desktop, maka akan membuat semakin lama proses komputer hingga siap digunakan. Jadi ada baiknya desktop terlihat sebersih mungkin bahkan dekstop saya tidak ada apa-apa sama sekali.

Minimalkan Animasi Windows

Ada baiknya mematikan beberapa animasi yang ada pada Windows tanpa mengurangi fungsinya, terutama untuk komputer yang tidak memiliki daya yang kuat. Untuk mematikannya buka My Computer atau This PC lalu pilih System Properties. 

Pada bagian sebelah kiri pilih Advance System Settings > Kemudian pilih kategori Advanced > Kategori Performance > Kemudian pilih Settings.  
Beberapa cara yang sudah dijelaskan diatas berguna agar windows berjalan dengan cepat.

Supaya Windows Berjalan Dengan Cepat


Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel