Berapa Lama Ngecas Laptop Lenovo Baru dan Tips Merawat Baterai Agar Lebih Awet


Laptop memang didesain sebagai sebuah komputer yang dapat dibawa kemana-mana, oleh sebab itu sebuah laptop dilengkapi dengan baterai yang berguna sebagai sumber daya. Kualitas baterai pada sebuah laptop sangat berpengaruh terhadap performa laptop sebab tanpa baterai maka laptop tidak bisa digunakan kapanpun dan dimanapun kita mau, tanpa baterai, kita hanya bisa menyalakan laptop jika kita mencolokkan AC power adaptor ke saluran listrik. Fungsi baterai laptop yang sangat penting itulah yang membuat kita harus merawat baterai laptop dengan baik, salah satunya adalah mengetahui berapa lama ngecas laptop Lenovo baru? Kali ini kami memberi contoh tips merawat baterai laptop Lenovo sebab seperti diketahui Lenovo merupakan salah satu merk laptop ternama yang tentunya juga dikenal sebagai merk dengan produk berkualitas termasuk kualitas baterainya.

Berapa Lama Ngecas Laptop Lenovo Baru


Lenovo memang selalu menghadirkan produk yang berkualitas, namun walau sebagus apapun merk laptop yang kita miliki, jika kita tidak mengetahui cara terbaik dalam merawatnya maka tetap saja usia laptop kita khususnya usia baterainya tidak akan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Kembali berbicara mengenai berapa lama ngecas laptop Lenovo baru? Pertanyaan ini sebenarnya seringkali muncul, bahkan bukan hanya untuk laptop saja melainkan juga untuk beragam gadget lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan mengenai berapa lama ngecas laptop Lenovo baru itu, sebenarnya jika dilihat pada manual book juga tidak ada rekomendasi yang pasti tentang waktu yang diperlukan mengecas laptop baru. Kebanyakan manual book termasuk pada manual book produk buatan Lenovo menjelaskan tentang berapa tegangan yang dibutuhkan saat proses pengecasan serta waktu perkiraan baterai penuh, jika mengikuti aturan dari Lenovo maka perkiraan baterai laptop penuh sekitar 4-6 jam.

Selain perlu mengetahui berapa lama ngecas laptop Lenovo baru, masih banyak hal-hal lain yang perlu diketahui untuk merawat dan memperpanjang usia baterai laptop, diantaranya seperti berikut ini:

Segera Lakukan Pengecasan Saat Kapasitas Baterai Sudah Mendekati 10%

Biasanya jika kita sedang asyik menggunakan laptop maka kita akan lupa dengan berapa banyak kapasitas baterai yang tersisa. Selain lupa, biasanya walaupun kita sudah tahu indikator baterai sudah menunjukkan kapasitas baterai yang semakin menipis misalnya sudah di kisaran 10-20% kita tetap merasa malas untuk segera mengecas laptop. Kebiasaan buruk seperti itu yang dapat memperpendek usia baterai laptop. Perlu diingat, jangan pernah menunda untuk mengecas laptop jika kapasitas baterai sudah semakin menipis, apalagi menunggu hingga laptop mati sendiri disebabkan oleh kapasitas baterai yang benar-benar habis, karena hal tersebut akan sangat berdampak negatif pada kualitas baterai laptop. Jika Anda termasuk orang yang susah mengubah kebiasaan menunda-nunda mengecas laptop, maka setidaknya Anda mengatur Power Options sehingga laptop dapat mati secara otomatis sebelum kapasitas baterai mencapai 0%. Selain itu, jika dalam sehari laptop Anda sering digunakan, maka sebaiknya anda mengaktifkan mode sleep saja, sebab penggunaan mode sleep itu membutuhkan daya listrik yang lebih kecil dibandingkan dengan pada saat pertama kali laptop dinyalakan.

Berapa Lama Ngecas Laptop Lenovo Baru



Hindari Menggunakan Laptop Di Atas Benda Empuk

Karena dapat digunakan dimanapun dan kapanpun, kebanyakan orang seenaknya saja menggunakan laptop di atas benda empuk, misalnya seperti di atas kasur, sofa atau bantal. Padahal, saat digunakan laptop mengeluarkan panas sehingga tentunya membutuhkan sirkulasi udara yang cukup, sedangkan sifat benda empuk seperti kasur itu adalah menyerap panas yang tentu saja akan menutup keluarnya hawa panas yang dikeluarkan laptop tersebut. Nah, jika Anda terus menerus menggunakan laptop di atas benda empuk apalagi dalam jangka waktu yang lama, laptop akan mengalami sebuah keadaan yang disebut overheat (panas berlebihan) yang mana akan sangat berpengaruh terhadap kualitas baterai bahkan dapat membuat baterai laptop lebih cepat rusak. Seandainya, Anda memang terpaksa harus menggunakan laptop di atas benda yang empuk, maka gunakan alas yang tebal dan keras.

Hindari Mengecas Terlalu Lama Padahal Baterai Sudah Penuh

Pernahkah Anda menggunakan laptop sembari dicas? Mungkin kebiasaan tersebut juga sering Anda lakukan, namun tahukah Anda jika laptop digunakan sembari dicas dalam waktu yang terlalu lama apalagi indikator kapasitas baterai menunjukkan sudah penuh maka daya baterai menjadi berlebihan. Daya berlebihan itu ternyata bukan hanya membuat baterai menjadi panas, namun komponen hardware lainnya juga akan terpapar panas. Alhasil laptop pun akan menjadi overheat sekaligus usia baterai laptop pun akan semakin pendek.


Berapa Lama Ngecas Laptop Lenovo Baru


Sembarangan Mengecas Laptop

Seperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya, dalam manual book dijelaskan tentang tegangan atau voltage yang dibutuhkan saat mengecas laptop. Nah, oleh sebab itu selain memperhatikan mengenai berapa lama ngecas laptop Lenovo baru, Anda juga sebaiknya memperhatikan berapa tegangan yang pas, sebab tegangan listrik yang terlampau tinggi dapat berpengaruh pada kualitas baterai bahkan dapat merusak baterai. Bukan hanya itu saja, adaptor untuk mengecas laptop pun bisa cepat rusak serta proses pengecasan akan lebih lama, karena jika tegangan listrik yang digunakan untuk mengecas tidak sesuai maka baterai tidak bisa terisi secara maksimal.

Hindari Baterai Laptop Terkena Air

Tentunya semua barang elektronik jangan sampai terkena air termasuk baterai laptop, sebab meskipun sudah diusahakan untuk dikeringkan secara sempurna dan tampaknya sudah bisa dipakai lagi, sebenarnya baterai laptop itu sudah dalam keadaan korosif dan tentunya performanya sudah tidak akan maksimal seperti sedia kala.

Jika Laptop Dicas Sambil Digunakan, Tutup Aplikasi Yang Tidak Penting

Seperti diketahui, sama seperti smartphone, laptop juga dilengkapi dengan beragam aplikasi. Tahukah Anda bahwa aplikasi-aplikasi itu bisa menguras kapasitas baterai laptop yang sedang digunakan? Oleh sebab itu, sebaiknya jika ada beberapa aplikasi yang tidak diperlukan segera saja ditutup apalagi jika pada saat itu laptop digunakan sembari dicas. Untuk mempermudah Anda menutup aplikasi yang sedang berjalan Anda juga bisa memanfaatkan Windows Task Manager.

Selain 6 tips yang sudah dijelaskan di atas, kebersihan laptop sebaiknya juga sangat perlu diperhatikan. Laptop yang bersih dari debu secara tidak langsung dapat memperpanjang usia laptop termasuk usia baterai laptop. Mengapa bisa demikian? Debu yang menempel pada laptop dapat menyumbat saluran udara sehingga tentunya akan menghambat sirkulasi udara dan lama-lama akan menyebabkan suhu laptop termasuk baterainya menjadi cepat panas. Oleh sebab itu, perhatikan kebersihan kondisi laptop, usahakan secara rutin membersihkan laptop, caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan kain katun atau kain halus untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada laptop, selain itu baterai laptop juga perlu dibersihkan secara rutin dengan cara menggunakan kain halus yang ditetesi dengan cairan alkohol, sebab cairan alkohol itu dapat membantu menjaga kestabilan aliran listrik yang mengalir ketika laptop dalam keadaan hidup.

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel