Tips Membeli HP Bekas

Banyak dari kita tidak selalu membeli ponsel dalam keadaan baru. Ada kalanya kita menginginkan model HP keluaran tahun tahun sebelumnya, ataupun bukan lagi barang yang baru. Banyak alasan mengapa terjadi seperti itu, kemungkinan beberapa hal, Salah satu diantaranya ya bisa saja soal budget di mana tahun lalu saat ponsel tersebut keluar anda belum cukup dana nya. Lalu Anda membelinya tahun setelahnya di mana harga dari HP itu sendiri yang kemungkinan akan terus menurun sehingga lebih terjangkau. 

Tips Membeli HP Bekas
photo by : neil soni - unsplash.com



Adakalanya HP keluaran tahun tahun sebelumnya masih terbilang cukup bagus dan masih sedikit baik dari segi spesifikasi, gaya ataupun dari segi performa yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pada saat ini. Akan tetapi begitu banyaknya barang-barang ataupun ponsel bekas yang dijual di pasaran baik itu offline maupun online tentu saja diperlukan kehati-hatian dari kita sebagai pembeli atau penjual. 

Untuk dapat menentukan di mana tempat terbaik untuk jual beli, sebaiknya kita senantiasa waspada dan selalu mencari informasi yang akurat. Biasakan menggunakan jasa pihak ketiga seperti toko online atau jasa rekening Bersama yang sudah terpercaya. Dengan adanya jasa pihak ketiga, dana yang akan ditransfer ke penjual akan ditahan dulu oleh perantara, setelah selesai transaksi, dan barang sampai kepada pembeli, barulah uang akan diteruskan ke penjual.

Untuk ponsel baru biasanya garansi sekitar 1 tahun, tentu ini tenggang waktu yang cukup aman . Namun untuk yang barang second, hanya ada sedikit waktu garansi nya. Ada penjual yang memberi garansi kerusakan hingga 2 minggu atau pun ada yang 1 bulan, namun ada juga penjual ponsel baik online atau offline memberikan garansi yang lebih terhadap ponsel bekas yang mereka jual. Ini adalah masalah yang paling sensitif dan paling banyak diperhatikan orang sebelum membeli ponsel bekas. Poin Inilah yang harus anda perhatikan, pilihlah penjual yang memberikan garansi terhadap ponsel second yang dijual.

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah kondisi body dari HP tersebut Apakah ada lecet ataukah ada goresan sehingga mengurangi penampilan fisik dari HP tersebut. Untuk memeriksanya sekilas dapat kita lihat ataupun kita pegang saat kita membelinya secara offline untuk memeriksa Apakah HP tersebut masih bagus atau masih layak atau tidak. Jika anda membelinya online maka mintalah pembeli penjual untuk mengirimkan gambar atau menyediakan gambar yang bisa dikirim kepada anda mengenai keadaan dari ponsel tersebut berbagai macam sudut body nya.

Satu poin lagi, jika anda membeli di marketplace seperti tokopedia, bukalapak dll, periksalah reputasinya. cara nya bisa dilihat dari level penjual, jumlah bintang rata - rata, waktu respon menjawab chat, dan juga testimoni dari pembeli sebelumnya.

0 Response to "Tips Membeli HP Bekas "

Post a comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel